RAMADANI BATUBARA, NPM 2004100011 (2024) KEEFEKTIFAN GURU IPA DALAM PENGGUNAAN LABORATORIUM PADA KURIKULUM. Tugas_Akhir (Artikel) Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18 (4). pp. 2522-2532. ISSN 2621-0681 (e-ISSN)/ 1907-4174(p-ISSN)
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN DANI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (181kB) |
|
Text
LOA.pdf Download (148kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (333kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang sudah diimplementasikan disekolah pada saat ini. Ada beberapa masalah yang muncul disekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka karena masih kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis efektivitas penggunaan laboratorium IPA pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang di analisis secara deskriptif. penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kualuh Hulu pada bulan Agustus sampai November 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX berjumlah 127 siswa dan guru mata pelajaran IPA. Tekhnik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara,observasi dan kuisioner yang dibagikan melalui Platform Google Form. Tehknik sampling yang digunakan dengan purposive sampling dan tekhnik analisis data Miles & Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium belum optimal karena beberapa faktor. Pertama, kurangnya kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola dan memanfaatkan laboratorium secara efisien, termasuk kurangnya teknisi/laboran yang membantu guru dalam persiapan praktikum. Kedua, kurangnya koordinasi dan kolaborasi antara guru dan unit yang menggunakan laboratorium serta kebutuhan akan pengembangan sistem manajemen laboratorium yang terstruktur. Ketiga, peran aktif pemimpin sekolah, pendidik, dan tenaga pendidikan dalam membangun budaya sekolah yang mendukung penggunaan laboratorium sebagai sarana pembelajaran yang efektif. penggunaan laboratorium diharapkan dapat ditingkatkan untuk mendukung pengembangan soft skills dan karakter siswa.Diperlukan upaya untuk meningkatkan pemanfaatan laboratorium dalam pendidikan, termasuk peningkatan kemampuan sumber daya manusia, koordinasi antar unit yang menggunakan laboratorium, pengembangan sistem manajemen laboratorium yang terstruktur, dan pembangunan budaya sekolah yang mendukung penggunaan laboratorium sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Hal ini penting untuk memastikan bahwa laboratorium dapat menjadi tempat yang efektif bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman ilmiah dan keterampilan praktis mereka, sesuai dengan visi kurikulum merdeka Dalam konteks kurikulum merdeka. Kata Kunci : Efektivitas, Kurikulum Merdeka, Laboratorium
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kurikulum Merdeka, Laboratorium |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 07:47 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1041 |
Actions (login required)
View Item |