DIVA KARINA SIMANULLANG, NPM 2005100007 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 MARBAU. Tugas_Akhir (Artikel) Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2). ISSN 2579-3977 (e-ISSN)/ 2442-3041 (p-ISSN)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
LOA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (685kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas X SMA Negeri 1 Marbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest. Sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik pada kelas X4 sebagai kelas kontrol ditentukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik yang beracuan pada kurikulum 2013. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji analisis data nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Teams Games Tournament =================================================================================== This research aims to improve students' mathematical problem solving abilities by using the Teams Games Tournament (TGT) learning model in class X SMA Negeri 1 Marbau. This type of research is quasi experimental research with a pretest-posttest design. The samples from the research were students in class X1 as the experimental class and students in class X4 as the control class were determined randomly after carrying out normality tests and homogeneity tests. In the learning process, the experimental class and control class use a scientific approach which is based on the 2013 curriculum. The experimental class is the class that is given treatment using the Teams Games Tournament (TGT) learning model, while the control class is not given treatment. The data analysis technique used is the t test. Based on the results of the data analysis test, the significance value is 0.000 < 0.05, meaning that the use of the Teams Games Tournament (TGT) learning model can improve students' mathematical problem solving abilities. Keywords : Problem Solving Ability, Teams Games Tournament
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Teams Games Tournament ================== Problem Solving Ability, Teams Games Tournament |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 08:45 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 08:45 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |