PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

Neni Fitriana Harahap, NPM 1905100002 (2023) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT. Tugas_ Akhir (Artikel) : Jurnal Basicedu, 7 (1). pp. 612-620. ISSN 2580-3735 (Media Cetak) / 2580-1147 (Media Online)

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN DAN LAMPIRAN LAINNYA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (453kB)

Abstract

This research is a development of previous research on the effectiveness of classroom management on student learning concentration (Amelia & Siregar, 2022). The purpose of this study was to carry out in-depth research on the Influence of Classroom Management on Mathematics Learning Outcomes in the Material of Quadratic Functions Class X SMA Negeri 1 Na IX-X Aek Kota Batu. The samples taken were 59 students from four classes selected using simple random sampling. Using a simple linear regression method that applies descriptive research. The results obtained are (1) student learning outcomes in the matter of mathematical quadratic functions obtain an average value of 82.12; (2) The total influence of classroom management on mathematics learning outcomes for the quadratic function material is 43.8%. Thus, there are 43.8% of student learning outcomes that are influenced by classroom management, while other components that are not counted in this study affect the remaining 56.2%. Based on this, it can be concluded that class management can influence the learning outcomes of class X students of SMA Negeri 1 Na IX-X Aek Kota Batu in the lesson on quadratic functions.=========================================== Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya tentang efektifitas manajemen kelas terhadapkonsentrasi belajar siswa (Amelia & Siregar, 2022). Tujuan penelitian ini yaitu untuk melaksanakan penelitianlebih dalam tentang Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Negeri 1 Na IX-X Aek Kota Batu. Sampel yang diambil sebanyak 59 siswa dari empat kelas yang di seleksi dengan menggunakan simple random sampling. Menggunakan metode regresi linier sederhana yang mengaplikasikan penelitian deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah (1) Hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat matematika memperoleh nilai rerata 82,12; (2) Total pengaruh manajemen kelas pada hasil belajar matematika terhadap materi fungsi kuadrat sejumlah 43,8%. Dengan demikian, terdapat 43,8% hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh manajemen kelas, sedangkan komponen lain yang tidak terhitung pada penelitian ini berpengaruh pada sisanya sebesar 56,2%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas dapat mempengaruhi hasilbelajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Na IX-X Aek Kota Batu pada pelajaran fungsi kuadrat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: article classroom management, student learning outcomes.=======Manajemen Kelas, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 03 May 2023 07:51
Last Modified: 04 May 2023 09:58
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item