SAFARIDAH RAMBE, NPM 2108100051 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PEMANFAATAN MARKETPLACE DALAM MEMPROMOSIKAN PENJUALAN KERIPIK SINGKONG DESA HAJORAN, LABUHANBATU SELATAN, SUMATERA UTARA. Tugas_Akhir (Artikel) JAMSI : Jurnal Abdi Masyarakat, 5 (2). pp. 621-628. ISSN 2807-6567 (e-ISSN)/ 2807-6605 (p-ISSN)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LOA.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (509kB) |
Abstract
Perkembangan UMKM saat ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan atau ekonomi masyarakat di desa. Namun, masyarakat kurang memahami dalam mengembangkan sumber daya alam yang ada, dengan pembuatan produk olahan berbahan singkong yang bernilai jual tinggi dalam memasarkan produk secara online. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pembuatan produk keripik singkong dengan memanfaatkan Marketplace seperti Shopee sebagai media dalam penjualan. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pembuatan produk dan akun toko, dengan pengumpulan data dari survey, observasi dan wawancara. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman tentang pengolahan produk keripik singkong dan terbentuknya satu akun toko, skor pengetahuan meningkat dari nilai 60 menjadi 90. Dampak kegiatan ini memberikan pengetahuan terhadap kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam dan teknologi digital sebagai strategi untuk meningkatkan daya jual produk local. Kata Kunci : Keripik Singkong, Marketplace, UMKM, Shopee ============================================== The development of MSMEs is currently very influential in increasing the income or economy of the community in the village. However, the community lacks understanding in developing existing natural resources, by making processed products made from cassava that have high selling value in marketing products online. This community service activity aims to provide an understanding of making cassava chips products by utilizing Marketplace such as Shopee as a medium for sales. The methods used are socialization, counseling, training and assistance in making products and store accounts, with data collection from surveys, observations and interviews. The results of the activity evaluation showed an increase in understanding of cassava chips product processing and the formation of a shop account, the knowledge score increased from 60 to 90. The impact of this activity provides knowledge of the community's ability to utilize natural resources and digital technology as a strategy to increase the marketability of local products. Keywords : Cassava Chips, Marketplace, MSMEs, Shopee
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keripik Singkong, Marketplace, UMKM, Shopee ===================== Cassava Chips, Marketplace, MSMEs, Shopee |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Fakultas Sains Dan Teknologi > Teknologi Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:01 |
Last Modified: | 09 May 2025 04:01 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |