Aisyah Putri Manja, NPM 1905100030 (2023) EFEKTIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KAHOOT DI SMP S IMELDA. Tugas_ Akhir (Artikel) Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1). pp. 738-750. ISSN 2549-6700 (print) / ISSN 2549-6719 (online)
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN DAN LAMPIRAN LAINNYA.pdf Download (3MB) |
|
Text
Surat Pernyataan Aisyah Putri Manja.pdf Download (204kB) |
|
Text
Artikel Aisyah Putri Manja.pdf Download (465kB) |
Abstract
Learning complex mathematics requires an effective learning strategy to increase student understanding. One strategy that can be used is to utilize technology-based learning media such as Kahoot. This study aims to evaluate the effectiveness of teachers in implementing Kahoot-based mathematics learning media at SMPS IMELDA using qualitative methods. This study involved several teachers and students as participants. Data obtained through interviews, observation, and documentation, and analyzed descriptively and interpretively. The results showed that the use of Kahoot as a medium for learning mathematics was effective in increasing students' motivation and understanding of the subject matter. In addition, the use of Kahoot also helps teachers speed up the learning process and increases interaction between teachers and students. Recommendations and suggestions are given to improve the quality of learning mathematics by using technology-based learning media such as Kahoot. Keywords: Learning Media, Kahoot, Mathematics, Effectiveness ============================================================================ Pembelajaran matematika yang kompleks membutuhkan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas guru dalam menerapkan media pembelajaran matematika berbasis Kahoot di SMPS IMELDA menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini melibatkan beberapa guru dan siswa sebagai partisipan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif dan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, penggunaan Kahoot juga membantu guru dalam mempercepat proses pembelajaran dan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Rekomendasi dan saran diberikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Kahoot. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kahoot, Matematika, Efektivitas
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Kahoot, Mathematics, Effectiveness ====================================== Media Pembelajaran, Kahoot, Matematika, Efektivitas |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 08 May 2023 10:06 |
Last Modified: | 08 May 2023 10:07 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/139 |
Actions (login required)
View Item |