ANITA RAHMA MUNTHE, NPM 2106100003 (2025) FILSAFAT PENDIDIKAN PERENIALISME DAN ESSENSIALISME DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN PANCASILA. Tugas_Akhir (Artikel) Jurnal Kewarganegaraan, 8 (2). pp. 1471-1482. ISSN 2723-2328 (e-ISSN)/ 1978-0184 (p-ISSN)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
LOA.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (648kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis filsafat pendidikan perenialisme dan filsafat pendidikan essensialisme dalam perspektif Pendidikan Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan literature review yaitu suatu metode dengan mengumpulkan, membaca, dan menganalisis literatur yang relevan. Hail penelitian ini menunjukan bahwa filsafat pendidikan perenialisme merupakan landasan berpikir pendidikan yang berpatronase kapada nilai-nilai budaya masa lampau yang terbukti dapat menumbuhkan karakter baik bagi peserta didik. Filsafat pendidikan essensialisme ialah perpaduan dari ajaran kuno dan pertengahan yang ditambahkan dengan modernitas dan nilai-nilai budaya yang mampu tumbuh dan berkembang ditengah distrupsi zaman. Tujuan pendidikan dalam pandangan filsafat essensialisme ialah mengakomodir potensi peserta didik yang direlevansikan menggunakan budaya dan tersubstansikan dalam nilai-nilai spiritualitas. Komparasi filsafat pendidikan perenialisme dengan Pendidikan Pancasila termaktub dalam kesamaan pendidikan karakter, penanaman budaya, serta kemampuan berpikir rasionalitas, sedangkan komprasi filsafat pendidikan essensialisme dengan Pendidikan Pancasila termaktub dalam kesamaan nilai spiritualitas, kemampuan peserta didik dalam pengetahuan, kreativitas, budaya, dan kepribadian. Kata Kunci : Filsafat, Perenialisme, Essensialisme, Pendidikan Pancasila ================================================================================================== This study aims to determine the analysis of perennialism educational philosophy and essentialism educational philosophy in the perspective of Pancasila Education. This research method uses a literature review, which is a method of collecting, reading, and analyzing relevant literature. The results of this study indicate that perennialism educational philosophy is the basis for educational thinking that patronizes past cultural values that have been proven to be able to foster good character for students. Essentialism educational philosophy is a combination of ancient and medieval teachings added to modernity and cultural values that are able to grow and develop amidst the disruption of the times. The purpose of education in the view of essentialism philosophy is to accommodate the potential of students who are relevant using culture and substantiated in spiritual values. The comparison of perennialism educational philosophy with Pancasila Education is contained in the similarities of character education, cultural instillation, and rational thinking skills, while the comparison of essentialism educational philosophy with Pancasila Education is contained in the similarities of spiritual values, students' abilities in knowledge, creativity, culture, and personality. Keywords : Philosophy, Perennialism, Essentialism, Pancasila Education
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Filsafat, Perenialisme, Essensialisme, Pendidikan Pancasila ====================================== Philosophy, Perennialism, Essentialism, Pancasila Education |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 23 May 2025 08:37 |
Last Modified: | 23 May 2025 08:37 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |