TINJAUAN PERAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM KEHIDUPAN DEMOKRASI GENERASI Z

SITI KHOLIZA AULIA, NPM 2106100017 (2025) TINJAUAN PERAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM KEHIDUPAN DEMOKRASI GENERASI Z. Tugas_Akhir (Artikel) Jurnal Kewarganegaraan, 8 (2). pp. 1461-1470. ISSN 2723-2328 (e-ISSN)/ 1978-0184 (p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (570kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (560kB)

Abstract

Gen-Z merupakan agent of change atau garda perubahan politik bangsa Indonesia agar menuju kehidupan demokrasi yang relevan. Pendidikan politik merupakan langkah fundamental untuk mengubah cara pandang Gen-Z agar tidak terkontaminasi sifat apatis dan berpikir kritis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka atau literature review dengan mengumpulkan berbagai literatur yang relevan dengan topik. Tahapan penelitian meliputi kegiatan membaca, menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis berbagai literatur relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas Gen-Z menganggap bahwa politik merupakan sesuatu yang bersifat kotor, kejam, dan koruptor, Sensivitas Gen-Z terkait politik muncul karena hegemoni eksternal diri yaitu media sosial. Pendidikan politik dikalangan Generasi Z menjadi suatu kewajiban agar mereka yang merupakan lumbung bonus demografi Indonesia tahun 2024 menjadi partisipasi politik yang cerdas, aktif, dan mampu berpikir secara kritis, bukan hanya bersifat apatis atau kapitalistik. Langkah pendidikan politik bagi generasi Z salah satunya ialah tauladan yang positif dari pejabat politik yang memegang kebijakan. Hal itu untuk menunjukan budaya kehidupan yang baik sebagai suri tauladan atau contoh baik kepada masyarakat. Langkah selanjutnya ialah pelaksanaan sosialisasi pendidikan politik bagi generasi Z yang dilaksanakan oleh Bawaslu, KPU, maupun instansi lainya. Selain itu, pendidikan politik yang bernuansa menghibur dan menghindari isu agama, SARA digelorakan melalui media sosial. Kata Kunci : Gen-Z, Demokrasi, Pendidikan Politik ================================================================================================== Gen-Z is an agent of change or the vanguard of political change in the Indonesian nation towards a relevant democratic life. Political education is a fundamental step to change Gen-Z's perspective so that it is not contaminated by apathy and critical thinking in national and state life. This study uses a literature review method by collecting various literature relevant to the topic. The research stages include reading, analyzing, evaluating, and synthesizing various relevant literature. The results of this study indicate that the majority of Gen-Z considers politics to be something dirty, cruel, and corrupt. Gen-Z's sensitivity to politics arises because of the external hegemony of the self, namely social media. Political education among Generation Z is an obligation so that those who are the granary of Indonesia's demographic bonus in 2024 become intelligent, active political participants, and are able to think critically, not just apathetic or capitalistic. One of the steps in political education for Generation Z is a positive role model from political officials who hold policies. This is to show a good culture of life as a role model or good example to society. The next step is the implementation of political education socialization for generation Z carried out by Bawaslu, KPU, and other agencies. In addition, political education that is entertaining and avoids religious and SARA issues is promoted through social media. Keywords : Gen-Z, Democracy, Political Education

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gen-Z, Demokrasi, Pendidikan Politik ============================================== Gen-Z, Democracy, Political Education
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 23 May 2025 08:45
Last Modified: 23 May 2025 08:45
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item