SINDY FIRLIANA SAFITRI, NPM 2101100150 (2025) PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI LABUHANBATU. Tugas_Akhir(Artikel) YUME : Journal of Management, 8 (1). pp. 58-67. ISSN 262614-851X (e-ISSN)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Labuhanbatu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, dengan data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM di daerah tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,021 mengindikasikan kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen yang sangat rendah. Selain itu, nilai F Change sebesar 1,701 dengan signifikansi F Change sebesar 0,172 menunjukkan bahwa model ini tidak signifikan secara statistik pada tingkat signifikansi 5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh signifikan namun negatif terhadap keunggulan bersaing UMKM, sementara inovasi dan orientasi kewirausahaan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan perlunya UMKM untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin lebih berpengaruh terhadap daya saing mereka, serta melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap faktor eksternal dan internal yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing secara nyata. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengusaha dan peneliti untuk lebih fokus pada strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM di pasar. Kata Kunci : Orientasi, Pasar, Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, UMKM ===================================================================================================== This study aims to analyze the influence of market orientation, innovation, and entrepreneurial orientation on the competitive advantage of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Labuhanbatu. The method used in this study is multiple regression, with data obtained from questionnaires distributed to MSME actors in the area. The results of the analysis show that the Adjusted R Square value of 0.021 indicates a very low contribution of the independent variable to the dependent variable. In addition, the F Change value of 1.701 with an F Change significance of 0.172 indicates that this model is not statistically significant at the 5% significance level. These findings indicate that market orientation has a significant but negative influence on the competitive advantage of MSMEs, while innovation and entrepreneurial orientation do not show a significant influence. The conclusion of this study emphasizes the need for MSMEs to consider other factors that may have a greater influence on their competitiveness, as well as to conduct further evaluations of external and internal factors that can significantly increase competitive advantage. This study provides important insights for entrepreneurs and researchers to focus more on more effective strategies in increasing the competitiveness of MSMEs in the market. Keywords : Orientation, Market, Entrepreneurship, Competitive Advantage, UMKM
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orientasi, Pasar, Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, UMKM ======================Orientation, Market, Entrepreneurship, Competitive Advantage, UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:36 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 07:36 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |