IMPLEMENTASI METODE SAW UNTUK MENENTUKAN BEASISWA SISWA BERPRESTASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN

DEDI PAKTO PERSADA PADANG, NPM 2109400112 (2025) IMPLEMENTASI METODE SAW UNTUK MENENTUKAN BEASISWA SISWA BERPRESTASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. Tugas_Akhir(Artikel) Jurnal Sistem Informasi, Teknik Komputer dan Teknologi Pendidikan (JUSTIKPEN), 4 (2). pp. 110-115. ISSN 2828- 7921 (e-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penentuan penerima beasiswa siswa berprestasi pada lembaga pendidikan merupakan proses yang kompleks dan memerlukan pertimbangan berbagai kriteria yang mencakup prestasi akademik, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, kepribadian, serta kondisi sosial-ekonomi. Tanpa sistem penilaian yang terstruktur, proses seleksi sering kali bersifat subyektif dan kurang transparan. Dalam penelitian ini, metode Simple Additive Weighting (SAW) diimplementasikan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode SAW memungkinkan pengambilan keputusan berbasis multi-kriteria dengan memberikan bobot yang sesuai pada setiap kriteria, sehingga dapat menghasilkan peringkat yang lebih akurat dan objektif. Studi ini melibatkan pengumpulan data dari berbagai siswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa, kemudian diolah menggunakan metode SAW untuk menentukan kandidat terbaik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode SAW mampu memberikan rekomendasi yang lebih efisien, terukur, dan adil dalam proses seleksi beasiswa. Selain itu, metode ini juga memungkinkan lembaga pendidikan untuk mengidentifikasi potensi siswa secara lebih komprehensif, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses seleksi. Kata Kunci: SAW, beasiswa, siswa berprestasi, penilaian multi-kriteria, transparansi, lembaga pendidikan ================================================================================================ Determining the recipients of outstanding student scholarships at educational institutions is a complex process and requires consideration of various criteria that include academic achievement, participation in extracurricular activities, personality, and socio economic conditions. Without a structured scoring system, the selection process is often subjective and lacks transparency. In this study, the Simple Additive Weighting (SAW) method is implemented as a solution to overcome this problem. The SAW method allows for multi-criteria-based decision-making by assigning appropriate weight to each criterion, resulting in more accurate and objective rankings. The study involves collecting data from various students who are eligible for scholarships, then processed using the SAW method to determine the best candidates. The results of the study show that the SAW method is able to provide more efficient, measurable, and fair recommendations in the scholarship selection process. In addition, this method also allows educational institutions to identify students' potential more comprehensively, as well as increase transparency and accountability in the selection process. Keywords: SAW, scholarships, outstanding students, multi-criteria assessment, transparency, educational institutions

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SAW, beasiswa, siswa berprestasi, penilaian multi-kriteria, transparansi, lembaga pendidikan================SAW, scholarships, outstanding students, multi-criteria assessment, transparency, educational institutions
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2025 07:33
Last Modified: 26 Sep 2025 07:33
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item