ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMENT, LOKASI USAHA DAN KUALITAS PRODUK INSTORE DISTRO DI RANTAU SELATAN

AIDA AULIA MUNTHE, NPM 2101100012 (2025) ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMENT, LOKASI USAHA DAN KUALITAS PRODUK INSTORE DISTRO DI RANTAU SELATAN. Tugas_Akhir(Artikel) Journal of Innovative and Creativity, 5 (2). pp. 3967-3981. ISSN 2775-771X (e-ISSN) 2962-570X (p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (518kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Relationship Management (CRM), lokasi usaha, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di InStore Distro, Rantau Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penentuan sampel minimum pada penelitian ini, menggunakan teknik sampling dengan rumus Paul Leedy. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden yang merupakan pelanggan InStore Distro. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (CRM, lokasi usaha, dan kualitas produk) dengan variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM, lokasi usaha, dan kualitas produk secara positif dan signifikan memengaruhi keputusan pembelian baik secara pasrsial maupun simultan. CRM memiliki pengaruh terbesar, diikuti oleh lokasi usaha dan kualitas produk. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas layanan pelanggan, pemilihan lokasi strategis, dan peningkatan kualitas produk dapat secara efektif meningkatkan keputusan pembelian pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya manajemen distro untuk terus memperhatikan aspek-aspek tersebut guna mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan serta daya saing usaha. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, CRM, Lokasi Usaha, Kualitas Produk

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, CRM, Lokasi Usaha, Kualitas Produk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2025 06:46
Last Modified: 21 Oct 2025 06:46
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item