PENGELOLAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

SALMAN MUNTHE, NPM 2105100013 (2025) PENGELOLAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Tugas_Akhir(Artikel) Jurnal Kependidikan, 14 (3). pp. 5701-5714. ISSN 2745-4312(e-ISSN) 2302-1330(p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (404kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Proses pendidikan di kelas adalah bagaimana para siswa bisa bersemangat, antusias, dan berbahagia dalam mengikuti pelajaran di kelas, bukannya terbebani dan menjadikan pelajaran di kelas sebagai momok yang menakutkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui tindakan bermakna yang dirancang dan diamati secara sistematis oleh guru untuk memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar. Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam pembelajaran matematika terbukti efektif meningkatkan prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata dari 53 (ketuntasan 36%) pada pra siklus menjadi 56,25 (56,25%) pada siklus I, 58,25 (61,75%) pada siklus II, dan mencapai 67,5 (81,25%) pada siklus III. Penggunaan media tiga dimensi dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran Matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep abstrak menjadi lebih konkret sehingga hasil belajar siswa meningkat. Selain itu, guru perlu lebih sering memanfaatkan media pembelajaran inovatif agar suasana belajar lebih interaktif, menarik, dan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa secara berkelanjutan. Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar, Volume Balok, Volume Kubus

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Hasil Belajar, Volume Balok, Volume Kubus
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:21
Last Modified: 23 Oct 2025 02:21
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item