HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARANLINGKUNGAN KELAS X SMA SWASTAPERSIAPAN AEK NABARATAHUN PEMBELAJARAN

SIREGAR, LISNAWATI (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARANLINGKUNGAN KELAS X SMA SWASTAPERSIAPAN AEK NABARATAHUN PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS LABUHANBATU.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (132kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (530kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (167kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (475kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (641kB)
[img] Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
._12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
._13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
._10. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (100kB)
[img] Text
16. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
FULL PDF SKRIPSI LISNAWATI SIREGAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKLisnawatiSiregar. 2019. “ Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA Swasta Persiapan Aek Nabara Tahun Pembelajaran 2018/ 2019.“Skipsi. Rantauprapat: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Labuhanbatu.Kecerdasan Intelektual tinggi tidak menjamin seseorang untuk sukses dalam kehidupannya karena ketidakmampuan dalam mengelola kecerdasan emosi sehingga kemampuan tidak berjalan secara optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Aek Nabara. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sampel penelitian 46 siswa dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket kecerdasan dan tes objektif untuk hasil belajar. Teknik analisis data dengan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional berdasarkan jenis kelamin perempuan sebanyak 26 siswa sebesar 56% (sedang) dan laki-laki sebanyak 20 siswa sebesar 44% (rendah) dan berdasarkan 5 aspek penelitian yaitu aspek mengenal emosi sendiri sebesar 80,9% (tinggi), mengelola emosi sebesar 74,4% (sedang), motivasi diri sendiri sebesar 38,5% (rendah), mengenal emosi orang lain sebesar 47,8% (rendah), dan membina hubungan sebesar 48,3% (rendah). Tingkat keberhasilan hasil belajar siswa dengan kriteria kurang baik sebanyak 2 siswa sebesar 4,35%, cukup baik sebanyak 19 siswa sebesar 41,3%, baik sebanyak 25 siswa sebesar 54,35 dan kriteria sangatbaik tidak ada. Nilai koefisien korelasi sig (2-tailed) 0,027 < 0,05 (α= 5%) dan nilai thitung>t tabel sebesar 0,635 dan ttabel 0,3610 dengan N= 46 yang berarti adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan kontribusi 40,3%.Kata Kunci:Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: wel dani weldani
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:19
Last Modified: 20 Jan 2020 06:30
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item View Item