ANALISIS MIND SET MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN TEORI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW DALAM MEMUTUSKAN MEMILIH DIGITAL PAYMENT

Yuni Fiddia Safitri Manoppo, NPM 1901100003 (2023) ANALISIS MIND SET MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN TEORI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW DALAM MEMUTUSKAN MEMILIH DIGITAL PAYMENT. Tugas_ Akhir (Artikel) : Prosiding Call For Paper 3RD Sumatra Economic Summit (Sumatranomics) 2022. pp. 161-192.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL YUNI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menggabungkan kondisi yang benar-benar terjadi mengenai digital payment dengan kontekstual yang merujuk pada teori kebutuhan Abraham Maslow diantaranya kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan ego dan kebutuhan aktualisasi diri, keputusan pengguna dan kepuasan pengguna digital payment yang dapat mempengaruhi perilaku dan kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatori dan penulis menetapkan sebanyak 70 responden yang memenuhi syarat dan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer (berupa kuesioner) menggunakan google form. Teknik skala yang digunakan skala likert dengan pernyataan jawaban mulai dari Sangat Setuju (5), Setuju (4), Kurang Setuju (3), Tidak Setuju (4) dan Sangat Tidak Setuju (1). Teknis analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini Smart PLS v 4.0. Hasil penelitian bahwa Kebutuhan rasa aman & nyaman (NC) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengguna (UD) digital payment. Kebutuhan ego (EN) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengguna (UD) digital payment. Kebutuhan aktualisasi diri (SA) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengguna (UD) digital payment. Kebutuhan fisiologis (PN) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (US) digital payment. Kebutuhan rasa aman & nyaman (NC) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (US) digital payment. Kebutuhan ego (EN) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (US) digital payment. Selanjutnya terdapat 5 hipotesis diterima yakni: Kebutuhan fisiologis (PN) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengguna (UD) digital payment. Kebutuhan sosial (SC) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengguna (UD) digital payment. Kebutuhan sosial (SC) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (US) digital payment. Kebutuhan sosial (SC) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (US) digital payment. Keputusan pengguna (UD) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (US) digital payment. Keywords: Teori Abraham Maslow, Keputusan Pengguna, Kepuasan Pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teori Abraham Maslow, Keputusan Pengguna, Kepuasan Pengguna.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:33
Last Modified: 21 Aug 2023 03:33
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item