PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA 1 SILANGKITANG

NASUTION, PUTRI ANGGRIANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA 1 SILANGKITANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS LABUHANBATU.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (9kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
7. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
._8. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
._9. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
10. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (103kB)
[img] Text
14. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
FULL PDF SKRIPSI PUTRI ANGGRIANI NASUTION.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAKAnggraini, Putri nasution, 2019, “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share(TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMAN 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2018/2019.”Skripsi. Rantauprapat: Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhanbatu. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang telah dimiliki oleh siswa setelah ia mengalami proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini Think Pair Shar (TPS) yaitu model yang mempunyai tiga tahapan atau proses seperti Think(berpikir), Pair(berpasangan) dan Share(berbagi).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi Animalia di kelas X SMAN 1 Silangkitang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif,, dengan pendekatan quasi eksperimen, populasi penelitian 141 siswa dengan sampel 71 siswa, dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara dan tes soal. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis, berbentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia di kelas X SMAN 1 silangkitang tahun pembelajaran 2018/2019, hal ini dapat dilihat bahwa nilai uji signifikasi 0,008 < probabilitas (α) (0,05) maka bisa ditarik kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar. Perbedaan hasil rata-rata postest antara kelas kontrol yaitu65,06 dan kelas eksperimen yaitu 72,81. Dengan demikian dapat dilihat bahwa hasil belajar di kelas kontrol dan eksperimen signifikan.Kata Kunci: hasil belajar, think pair share, animalia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: wel dani weldani
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:34
Last Modified: 20 Jan 2020 06:29
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item