STUDI PERSEPSI DAN STRATEGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS LABUHANBATU DALAM MERAIH PRESTASI AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI

Siti Kholizah, NPM 1904100088 (2023) STUDI PERSEPSI DAN STRATEGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS LABUHANBATU DALAM MERAIH PRESTASI AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI. Tugas_ Akhir (Artikel) Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11 (1). pp. 183-193. ISSN 2654-4571 (e-ISSN) / 2338-5006 (p-ISSN)

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (551kB)

Abstract

Prestasi akademik mahasiswa berkaitan erat menggunakan indeks prestasi kumulatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan biologi. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Sampel penelitian ini adalah 35 orang mahasiswa pendidikan biologi Universitas Labuhanbatu semester 7 pada tahun akademik 2022/2023. Teknik pengambilan sampel memakai teknik stratified sampling yaitu pengambilan sampel sesuai tingkatan range indeks prestasi kumulatif mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2019 yaitu < 3,0-3,5 dan > 3,5. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Data yang diperoleh menunjukkan faktor internal mempengaruhi prestasi akademik yaitu indikator minat sebesar 75-85% dan faktor lain yaitu sikap, kondisi fisik, dan intelektual, dengan persentase rata-rata dengan 71-82%, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi adalah indikator keluarga sebesar 90-100%, dan faktor lain yaitu teman, dosen, lingkungan sosial, dan sarana prasarana dengan persentase rata-rata 79-88%. Kata Kunci: Prestasi Akademik, Persepsi, Strategi. ================================================================================================== Student academic achievement is closely related using the cumulative achievement index. This study aims to determine the factors that influence the academic achievement of biology education students. This research method is descriptive qualitative. The data collection technique used in this study was a questionnaire. The sample of this study was 35 biology education students of Labuhanbatu University in semester seven in the 2022/2023 academic year. The sampling technique uses the stratified sampling technique, which is sampling according to the level of the cumulative achievement index range biology education students class of 2019 are < 3.0-3.5 and > 3.5. The data obtained be analyzed using qualitative data analysis techniques. The results of the study show that internal and external factors affect student learning achievement. The data obtained shows that internal factors affect academic achievement, namely interest indicators of 75-85% and other factors, namely attitudes, physical conditionand intellectual, with an average percentage with 71-82%, while the external influencing factor is the family indicator by 90-100%, and other factors, namely friends, lecturers, social environment, and infrastructure with an average percentage of 79-88%. Keywords: Academic Achievement, Perception, Strategy.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Akademik, Persepsi, Strategi. =============================== Academic Achievement, Perception, Strategy.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:37
Last Modified: 05 Dec 2023 04:37
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item