Agnes Safani, NPM 1906100031 (2023) IMPLEMENSTASI NILAI – NILAI PANCASILA YANG DI TANAMKAN ORANGTUA KEPADA ANAK REMAJA DI DESA KAMPUNG PADANG TAHUN 2022 ( STUDI KASUS DI DUSUN SIDODADI A, DUSUN B, DUSUN C. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
![]() |
Text
COVER LEMBAR PENEGSAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (876kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (960kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Yang Di Tanamkan Ornagtua Kepada Anak Remaja Di Desa Kampung Padang Tahun 2022 (Studi Kasus Di Dusun Sidodadi A, Dusun B, Dusun C). Data primer Dalam penelitian ini yaitu dengan jumlah sebanyak 94 Responden. Data sekunder merupakan data penelitian yang diperoleh dari riset perpustakaan yaitu dengan mengumpulkan, membaca dan memahami teori-teori dari artikel, jurnal, majalah, atau data dari internet yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu implementasi nilai-nilai pancasila yang dilakukan orangtua pada anak remaja, teknik pengumpulan data ini menggunakan panduan wawancara dan panduan dokumentasi, dan langkah-langkah teknik analisa data yang digunakan yaitu terdiri dari 4 bagian yaiutu : 1. Pengumpulan Data (Data Cillection) 2. Redaksi Data (Data Reduction) 3. Display Data. 4. Verifikasi dan penegasan kesimpulan (Conclution Drawing And Verificaton). Bunyi sila pertama dimana orangtua sebagian besar menjawab bahwa untuk menyakinkan anak tentang keberadaan Tuhan Yang Maha Esa dan menghargai perbedaan agama maka harus menanamkan kewajiban. Pada nilai-nilai pancasila kedua yaitu Maha Esa dan membantu orang lain tanpa memandang SARA maka sebagian besar orang tua menjawab mengajarkan perilaku sopan dan santun. lalu pada nilai Pancasila ketiga yang mengenai kesatuan dan kesatuan serta sifat nasionalisme sebagian besar orang tua menjawab yaitu mengajak anak utnutk melaksanakan kegiatan gotong royong bersama dengan warga serta mengajarkan anak menghargai orang lain dan menanamkan sifat nasionalisme pada anak orang tua banyak menceritakan sejarah-sejarah tentang negara indonesia dan mencintai produk dalam negeri. Selanjutnya pada nilai sila ke empat yang mengenai pengertian musyawarah serta sila kelima diajarkan untuk menerima perbedaan berpendapat dengan orang lain. Dari hasil wawancara yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan yaitu bahwa setiap orang tua yang ada di desa kampung padang pada dususn A, B, dan C telah menanamakan nilai-nilai Pancasila kepada anak remaja sebagaimana dari hasil proses yang telah responden jawab dari soal-soal pertanyaan wawancara. Kata Kunci : Nilai-Nilai Pancasila, Orang Tua, Remaja
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pancasila, Orang Tua, Remaja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 07:39 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 07:39 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |