YULDHA AULIA PUTRI WARDANA, NPM 170430010 (2023) EYALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAUD DENGAN MUTU LULUSAN SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK (TK) KUNTUM BUMI RANTAUPRAPAT. Tugas_Akhir (Artikel) JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI, 8 (1). pp. 17523-17527. ISSN 2614-3097 (online) / 2614-6754 (print)
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (434kB) |
|
Text
LoA.pdf Download (94kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAUD dengan mutu lulusan Sekolah TK Kuntum Bumi Rantauprapat. Pembelajaran untuk Anak Usia Dini dari Permendiknas 58 Tahun 2009 yang saat ini digunakan sebagai acuan pembelajaran terbaru dari pemerintah. Lembaga juga menekankan pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui kegiatan bermain. Lingkup perkembangan yang dikembangkan adalah nilai agama dan moral, Motorik kasar-halus, Kognitif, Bahasa, dan Sosial Emosional. Dalam penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan. Pembelajaran PAUD yang saat ini diadopsi oleh sekolah memfasilitasi para guru dalam membuat rencana pembelajaran di kelas" dinyatakan oleh 80%. Sedangkan responden yang memilih belum memenuhi pelaksanaan pembelajaran yang memilih Tidak adalah 20%. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sekolah saat ini adalah konsisten dengan karakteristik siswa" yang dinyatakan oleh 40%. Sedangkan responden yang memilih Tidak adalah 60%. Pembelajaran yang saat ini diadopsi oleh sekolah sangat menyenangkan untuk guru dalam pengajaran di kelas" dinyatakan oleh 40%. Interaksi anak dengan benda dan dengan orang lain diperlukan untuk belajar agar anak mampu mengembangkan kepribadian, watak, dan akhlak yang mulia. Kata Kunci : Evaluasi, Pembelajaran, Lulusan. ================================================================================================= This research is to determine the implementation of PAUD learning with the quality of Kuntum Bumi Rantauprapat Kindergarten School graduates. Learning for Early Childhood from Permendiknas 58 Year 2009 which is currently used as the latest learning reference from the government. The Institute also emphasizes the development of Multiple Intelligences through play activities. The scope of development developed is religious and moral values, coarse-fine motor, cognitive, language, and social emotional. In descriptive research that uses a qualitative research method approach, the research report will contain data quotations to give an idea of the presentation of the report. ECCE learning currently adopted by schools facilitates teachers in making lesson plans in the classroom" stated by 80%. While respondents who choose have not fulfilled the implementation of learning who choose No are 20%. The approach used in school learning today is consistent with the characteristics of students" stated by 40%. While respondents who voted No were 60%. The learning currently adopted by schools is very pleasing to teachers in classroom teaching" stated by 40%. Children's interaction with objects and with others is necessary for learning so that children are able to develop noble personalities, dispositions, and morals. Keywords : Evaluation, Learning, Graduates.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Evaluasi, Pembelajaran, Lulusan. =================================== Keywords : Evaluation, Learning, Graduates. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:01 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:01 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/819 |
Actions (login required)
View Item |