ANALISIS KESESUAIAN MODUL AJAR BIOLOGI KELAS X IPA DENGAN STANDAR KURIKULUM MERDEKA DI SMA SWASTA PURNAYUDA

JIKA SAIPANI, NPM 2004300006 (2024) ANALISIS KESESUAIAN MODUL AJAR BIOLOGI KELAS X IPA DENGAN STANDAR KURIKULUM MERDEKA DI SMA SWASTA PURNAYUDA. Tugas_Akhir (Artikel) Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13 (2). pp. 2419-2431. ISSN 1907-4147 (e-ISSN)/ 2621-0681 (p-ISSN)

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (309kB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beraam dengan mendalami konsep daan menguatkan kompetensi. Implementasi modul ajar kurikulum merdeka belum berjalan dengan baik dikarenaklan masih terdapat kendala seperti sarana dan prasarana yan belum lengkap dan pemahaman yang masih kurang. Dengan ini penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesesuian dan kelengkapan komponen modul ajar yang disusun oleh guru biologi di SMA Swasta Purnayuda di Kecamatan Panai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik/guru biologi. Dalam teknik analisis data terdiri dari tahap (1) Pengumpulan dokumen modul ajar (2) Menganalisis isi modul ajar (3) Menentukan hasil. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam pemnyusunan modul ajar biologi di SMA Swasta Purnayuda menunjukkan tingkat kesesuaian dan kelengkapan yang bervariasi untuk setiap komponen yang dinilai. Terdapat komponen yang sesuai namun tidak lengkap, serta komponen yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hasil interpretasi diperoleh nilai mean sebesar 85,7% dengan kategori Sesuai.Meskipun hasil analisis termasuk dalam kategori “sesuai” dengan tingkat persentase 85,7%. Peneliti masih menemukan ketidaksesuaian dan ketidaklengkapan pada komponen modul ajar pembelajaran Biologi kelas X buatan guru di SMA Swasta Purnayuda Panai Tengah. Dalampembuatan modul ajar berbasis kurikulum merdeka, guru di SMA Swasta Purnayuda Panai Tengah, khususnya guru mapel biologi masih harus meningkatkan pengetahuannya dengan membaca atau mengikuti sosialisasi dan pelatihan tentang kurikulum merdeka. Kata Kunci : Pendidikan, Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Biologi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2024 09:58
Last Modified: 17 Sep 2024 09:58
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item