EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA

DEBORA CRISTINA SIMANJUNTAK, NPM 2005100007 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA. Tugas_Akhir (Artikel) Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2). ISSN 2442-3041 (e-ISSN)

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (674kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Video Tutorial Pembelajaran Matematika Terhadap Disposisi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest – posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII - 1 yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan instrumen berupa pre – test dan post – test. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan lembar observasi pengamatan aktivitas siswa diperoleh disposisi matematis siswa berada dalam kategori baik dengan persentase 87,5% pada pertemuan pertama dan 90% pada pertemuan kedua; (2) rata – rata hasil belajar siswa sebelum (pre – test) menggunakan video tutorial pembelajaran matematika = 65,72 dengan kategori cukup, sedangkan rata – rata hasil belajar siswa setelah (post – test) menggunakan video tutorial pembelajaran matematika = 84,44 dengan kategori baik. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh Thitung = 22,976 dan Ttabel = 1,69552 atau Thitung > Ttabel artinya rata – rata hasil belajar siswa setelah menggunakan video tutorial pembelajaran matematika lebih baik daripada rata – rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan video tutorial pembelajaran matematika. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan video tutorial pembelajaran matematika terhadap disposisi matematis dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Kata Kunci : Efektivitas, Disposisi Matematis, Hasil Belajar, Video Tutorial

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Disposisi Matematis, Hasil Belajar, Video Tutorial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2024 08:03
Last Modified: 11 Oct 2024 08:03
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item