PENINGKATAN KETERAMPILAN KINERJA (PERFORMANCE) MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 1 BILAH HULU

RIZKA APRIYANI, NPM 2005100021 (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN KINERJA (PERFORMANCE) MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 1 BILAH HULU. Tugas_Akhir (Artikel) Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2). ISSN 2442-3041 (e-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN .pdf

Download (98kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (403kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) mempengaruhi kemajuan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Bilah Hulu ditinjau dari peningkatan kemampuan kinerja matematis. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest yang merupakan eksperimen semu. metode yang digunakan, dengan sampel 32 siswa yang dipilih secara sengaja. Rata-rata skor posttest (76) melebihi rata-rata skor pretest (69), menurut data. Perbedaan antara skor pretest dan posttest signifikan pada tingkat kepercayaan 95%, menurut analisis statistik menggunakan uji t, menunjukkan bahwa PMR mempunyai dampak besar pada peningkatan keterampilan kinerja matematika siswa. Uji regresi sederhana juga mengonfirmasi kontribusi signifikan PMR terhadap peningkatan tersebut. Dengan demikian, disimpulkan bahwa PMR efektif dalam meningkatkan keterampilan kinerja matematis siswa, membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Oleh karena itu, penerapan PMR disarankan untuk diperluas dalam pembelajaran matematika di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan analitis siswa. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Keterampilan Kinerja Matematis, Eksperimen Semu,SMP Negeri 1 Bilah Hulu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Keterampilan Kinerja Matematis, Eksperimen Semu,SMP Negeri 1 Bilah Hulu.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2024 08:10
Last Modified: 11 Oct 2024 08:10
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item