PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN RASA NASIONALISME PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN

PUTRI SARINA MARPAUNG, NPM 1906100021 (2023) PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN RASA NASIONALISME PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN. Tugas_Akhir (Artikel) Al-Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18 (3). pp. 1997-2012. ISSN 1907-4174 (p-ISSN)/ 2621-0681 (e-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (281kB)

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini peran guru PPKN dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PPKN sebagai Edukator dan innovator dalam menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, bahwa penelitian kualitatif adalah metode penelitian naturalistik karena penelitianya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Pengumpulan data tanah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Peran guru sebagai Eduktor merupakan peran yang begitu sentral dalam pendidikan. Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya. Karena itu idealnya seorang guru mesti memiliki kualitas pribadi, meliputi rasa tanggung jawab, disiplin, penuh cinta kasih, bermoral, berwibawa, serta mampu memahami keadaan peserta didik secara komprehensif sedangkan Guru sebagai innovator adalah pembaharuan yaitu harus mampu menginovasi atau memperbaharui segala yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa. Pembaharuan disini dapat diamati saat pengajaran, guru menggunakan berbagai macam metode pembelajaran bahasa dengan berbagai teknik. Ada teknik permainan bahasa dua puluh pertanyaan yang membuat kelas hidup dan siswa bersemangat dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapinya dalam menyusun teks hasil observasi. Selain itu, teknik observasi dengan mengamati lingkungan sekitar sebagai objek tulisan otentik yang menambah pengetahuan siswa secara nyata tentang kondisi yang ada disekitarnya. Dengan demikian hasil keseluruhan dari peran guru PPKN dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Saran pada penelitian ini Guru harus mampu menampilkan sosok dirinya yang kreatif, dalam upaya mendidik tersebut guru harus mencurahkan pikiran dan tenaga secara maksimal untuk mentransfer pengetahuan dan nilai. Kata Kunci : Nasionalisme, Edukator, dan Guru. ============================================================ The problem behind this research is the role of PPKN teachers in instilling a sense of nationalism in class VIII students at SMP Negeri 2 Rantau Utara. The aim of this research is to determine the role of PPKN teachers as educators and innovators in fostering a sense of nationalism in class VIII students at SMP Negeri 2 Rantau Selatan. The method used in this research uses a qualitative approach, that qualitative research is a naturalistic research method because the research is carried out in natural conditions (natural settings). Collecting land data by conducting observations, interviews and documentation. The results of this research are that the role of the teacher as an educator is a very central role in education. Teachers are educators, who become figures, role models and identification for students and their environment. Therefore, ideally a teacher must have personal qualities, including a sense of responsibility, discipline, full of love, morals, authority, and able to comprehensively understand the situation of students, while teachers as innovators are here can be observed during teaching, teachers use various language learning methods with various techniques. There is a twenty-question language game technique that makes the class lively and students are enthusiastic about solving the problems they face in compiling observational texts. Apart from that, observation techniques involve observing the surrounding environment as an authentic writing object which significantly increases students' knowledge about the conditions around them. Thus the overall result of the role of PPKN teachers in instilling a sense of nationalism in class VIII students of SMP Negeri 2 Rantau Utara. Suggestions in this research: Teachers must be able to present themselves as creative. In this educational effort, teachers must devote maximum thought and energy to transferring knowledge and values. Keywords : Nationalism, Educators, and Teachers.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Edukator, dan Guru. ============================= Nationalism, Educators, and Teachers.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:47
Last Modified: 21 Apr 2025 02:47
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item