PENERAPAN KARAKTER TOLERANSI TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH (STUDI KASUS SMA PANGLIMA POLEM RANTAUPRAPAT

AMINTA PUTRI SARI, NPM 2106100030 (2025) PENERAPAN KARAKTER TOLERANSI TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH (STUDI KASUS SMA PANGLIMA POLEM RANTAUPRAPAT. Tugas_Akhir (Artikel) Research and Development Journal of Education, 10 (2). pp. 910-917. ISSN 2406-9744 (p-ISSN)/ 2657-7056 (e-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (68kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (164kB)

Abstract

Karakter Toleransi adalah merupakan sikap untuk menerima suatu perbedaan, dimana seseorang tidak boleh memaksakan keyakinan kepada orang lain dikarenakan perbedaan pandangan agama, suku, kebudayaan dan perbedaan pendapat lainnya yang tidak dapat kita paksakan. “Bhinneka Tunggal Ika” merupakan dasar dari keberagaman dan pemersatu bangsa Indonesia. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Penerapan Karakter Toleransi Terhadap Siswa Melalui Pelajaran PPKn di Sekolah (Studi Kasus SMA Panglima Polem Rantau Prapat). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus pada kelas (XI. MIA, berjumlah 23 Siswa/i & Kelas XI. IIS, berjumlah 25 siswa/i). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian secara langsung di kelas mengenai penerapan karakter toleransi, agama, suku, budaya, perbedaan pendapat, dan materi PPKn tentang “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai keberagaman bangsa. Masih ditemukan hasil beberapa siswa/i yang kurang paham contoh nyata dan penerapan dari materi toleransi tersebut. Untuk itu peran guru PPKn sangat diharapkan untuk memberikan pengajaran secara contoh nyata kepada siswa/i dalam penerapan karakter toleransi dengan cara memberikan materi yang mudah untuk dipahami oleh siswa/i. Pemahaman tersebut dapat diberikan dengan metode pengajaran yang sesuai dengan kurikulum standar pendidikan di sekolah. Keywords : Karakter Toleransi; Kepada Siswa, Pelajaran PPKn

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter Toleransi; Kepada Siswa, Pelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:35
Last Modified: 29 Apr 2025 04:35
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item