PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PjBL MENGGUNAKAN PERMAINAN TTS PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET DI MTS AL –MUTTAQIN

BELA APRILIANI, NPM 2105100017 (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PjBL MENGGUNAKAN PERMAINAN TTS PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET DI MTS AL –MUTTAQIN. Tugas_Akhir (Artikel) JP2M : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 11 (1). pp. 678-686. ISSN 2460-7800 (e-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (436kB)

Abstract

Modul ajar adalah alat pendidikan yang dirancang untuk mendukung perencanaan pembelajaran mandiri. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kuantitatif digunakan pada populasi siswa kelas IX MTS YP AL-MUTTAQIN, yang terdiri dari 35 siswa dalam satu kelas pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 24. Ini termasuk pengujian regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Modul Pembelajaran Matematika Project Based Learning (PBL) memiliki pengaruh positif terhadap variabel Permainan Teka Teki Silang, baik secara parsial maupun berdasarkan Uji T. Hasil menunjukkan bahwa nilai T hitung lebih besar daripada T tabel dan tingkat signifikansi adalah 0,000. Selain itu, Uji F juga menunjukkan hasil signifikan dengan tingkat signifikansi 0,000, mengindikasikan hubungan yang kuat antara variable. Kata Kunci : Modul Pembelajaran Matematika; Project Based Learning (PBL); Permainan Teka-Teki Silang ========================================= Open modules are educational tools designed to support independent learning planning. This study employed quantitative descriptive methods on a population of class IX MTS YP AL-MUTTAQIN students in the odd semester of the 2024/2025 academic year, which consisted of 35 students. The data was analyzed using SPSS 24 software, which included multiple linear regression testing. The study's findings indicate that, partially or based on the T-Test, the Project Based Learning (PBL) Mathematics Learning Module variable has a positive influence on the Crossword Game variable. This is supported by the fact that Tcount > Ttable and a significance level of 0.000. Aside from that, the F test yields significant results with a p-value of 0.000, indicating a strong relationship between variables. Keywords : Mathematics Learning Module; Project Based Learning (PBL); Crossword Puzzle Game

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Matematika; Project Based Learning (PBL); Permainan Teka-Teki Silang ===================== Mathematics Learning Module; Project Based Learning (PBL); Crossword Puzzle Game
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:00
Last Modified: 29 Apr 2025 07:00
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item