ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA SWASTA NUR IBRAHIMY DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

WILDA HAFNI BATUBARA, NPM 2004100021 (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA SWASTA NUR IBRAHIMY DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Tugas_Akhir (Artikel) Al-Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 19 (2). pp. 678-689. ISSN 2621-0681 (e-ISSN)/ 1907-4174 (p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji dan memahami bagaimana siswa menggunakan berbagai jenis media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran oleh siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi secara signifikan proses belajarnya. Terlebih lagi, pesatnya kemajuan teknologi kini mempengaruhi proses tersebut di lembaga pendidikan. tujuan untuk mengidentifikasi instrumen pembelajaran utama yang digunakan peserta didik. Oleh karena itu, pendidik harus menggunakan media agar dapat menyampaikan informasi yang ingin mereka sampaikan kepada peserta didik secara efektif, karena kegiatan pendidikan secara inheren terkait dengan proses komunikasi. Peneliti menggunakan metode pemilihan acak untuk memilih 30 siswa dari setiap item. Keputusan diambil untuk menggunakan wawancara dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data untuk instruktur dan siswa. Seperti terlihat pada indikator Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan, penggunaan media pembelajaran berpotensi memberikan bantuan dalam proses pembelajaran dan mempermudah pendidik dalam menyampaikan informasi yang diajarkan Pendidik, seperti dalam indicator: (1) manfaat Penggunaan Media memperoleh hasil sebesar 76,23%, Indikator; (2) peningkatan Motovasi memperoleh hasil sebesar 72,15%, sedangkan Indikator; (3) sikap Peserta didik Penggunaan Media memperoleh hasil sebesar 64,19%%, Indikator (4) Metode Media Pembelajaran memperoleh hasil sebesar 64,94%. Dalam hal tersebutlah bahwa penggunaan media bagi peserta didik sangat berpengaruh besar dalam proses pelaksanan pembelajaran. Penggunaan media memiliki kapasitas untuk meningkatkan tolok ukur pendidikan. Pencapaian tujuan bersama yang efektif memerlukan pertukaran informasi dan ide melalui komunikasi antara Pendidik dan muridnya selama upaya pendidikan. Kontak ini terjadi ketika memperoleh pengetahuan dan sumber daya. Pembelajaran dapat berlangsung dengan cara yang efisien, efektif, atau keduanya. Sangat menarik ketika Pendidik menemukan metode baru untuk meningkatkan aksesibilitas dan relevansi materi. Kata Kunci : Penggunaan, Media, Pembelajaran, Peserta Didik ==================================================================================================== This quantitative study aims to examine and understand how students use various types of learning media. The use of learning media by students is an important factor that significantly influences their learning process. Moreover, the rapid advancement of technology now influences this process in educational institutions. the purpose of identifying the main learning instruments used by students. Therefore, educators must use media in order to convey the information they want to convey to students effectively, because educational activities are inherently related to the communication process. The researcher used a random selection method to select 30 students from each item. The decision was made to use interviews and questionnaires as data collection methods for instructors and students. As seen in the indicators Based on the findings of the research that has been carried out, the use of learning media has the potential to provide assistance in the learning process and make it easier for educators to convey the information taught by Educators, such as in the indicators: (1) the benefits of Using Media obtained results of 76.23%, Indicator; 2) increasing Motivation obtained results of 72.15%, while Indicator; (3) Student attitudes Using Media obtained results of 64.19%%, Indicator (4) Learning Media Method obtained results of 64.94%. In this case, the use of media for students has a great influence on the learning process. The use of media has the capacity to improve educational benchmarks. Effective achievement of common goals requires the exchange of information and ideas through communication between educators and their students during educational efforts. This contact occurs when acquiring knowledge and resources. Learning can take place in an efficient, effective, or both manner. It is very interesting when educators find new methods to increase the accessibility and relevance of the material. Keywords : Use, Media, Learning, Students

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media, Pembelajaran, Peserta Didik =============================== Use, Media, Learning, Students
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 06 May 2025 09:26
Last Modified: 06 May 2025 09:26
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item