PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR (FUNGI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 05 SATU ATAP PANAI HILIR

SURYANTI SARMAULI HASIBUAN, NPM 2104300009 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR (FUNGI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 05 SATU ATAP PANAI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengunaan media visual pada materin jamur, 2. Hasil belajar siswa pada materi jamur, 3. Pengaruh yang signifikan antara pengaruh media visual terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas control yang diajarkan tanpa menggunakan media visual memiliki nilai rata- rata tes akhir sebesar : 69.44 dan kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media visual memiliki nilai rata-rata tes akhir sebesar : 76.44. Artinya, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media visual lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media visual. Terdapat pengaruh yang fositif terhadap hasil belajar biologi jamur siswa yang diajar kan dengan menggunakan media visual di kelas VIII-2 SMP Negeri 05 Satu Atap Panai HIlir. Hal ini dibuktikan uji “t” pada kedua kelas dengan data nilai tes akhir yang menunjukkan bahwa t hitung = 4.925 dan t tabel = 1,666 karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha di terima. Kata Kunci : Media Visual, Hasil Belajar ==================================================================================================== This study aims to determine: 1. The use of visual media in mushroom material, 2. Student learning outcomes in mushroom material, 3. The significant effect between the influence of visual media on student learning outcomes in mushroom material. This study is an experimental study with its type of research, the results of this study indicate that the control class taught without using visual media has an average final test score of: 69.44 and the experimental class taught using visual media has an average final test score of: 76.44. This means that the learning outcomes of students taught using visual media are better than the learning outcomes of students taught without using visual media. There is a positive effect on the learning outcomes of mushroom biology of students taught using visual media in class VIII-2 SMP Negeri 05 Satu Atap Panai Hilir. This is proven by the "t" test in both classes with final test score data showing that t count = 4.925 and t table = 1.666 because t count > t table, then Ho is rejected and Ha is accepted. Keywords : Visual Media, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Visual, Hasil Belajar =================================== : Visual Media, Learning Outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 16 May 2025 08:59
Last Modified: 16 May 2025 08:59
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item