PERAN GURU PPKn DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN MORAL KNOWING PADA SISWA KELAS VII (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN

WANDA FAHIRA PUTRI, WANDA FAHIRA PUTRI (2025) PERAN GURU PPKn DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN MORAL KNOWING PADA SISWA KELAS VII (STUDI KASUS SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (516kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitiaa ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam penerapan pembelajaran pengetahuan moral knowing pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif lapangan bertujuan untuk meneliti mengetahui sejauh mana peran guru PPKn dalam penerapan pembelajaran pengetahuan moral pada kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Penelitian ini di laksanakan observasi secara langst'ng. Lokasi penelitian ini di jalan Ir. H. Juanda, Binaraga Rantau Prapat, kecamatan Rantau lJtara, kabupaten labuhan batu, Sumatera. Penelitian ini di rencanakan berlangsung selama November 2024 sampai l0 Januari 2025. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan yaitu observasi awal, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data yang di gunakan terbagi menjadi dua, yaitu sumber data utama ( primer ) terdiri dari 13 responden terdiri dari wali kelas, guru PPKn, siswa dan informan 2 terdiri dari kepala seolah dan wakil kepala sekolah, serta sumber data tambahan ( sekunder ) dari buku atau jumal yang relevan. Penerapan pembelajaran pengatahuan moral pada kelas VII sudah di terapkan oleh guru PPKn dengan baik.. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan wali kelas hasil dari penerapan pembelajaran pengetahuan moral tersebut dapat di lihat pada perilaku moral siswa dan memepengaruhi perilaku moral siswa. Kata Kunci : Pendidikan, Moral, Peran Guru ==================================================================================================== The purpose of this study is to determine the role of PPKn teachers in the implementation of moral knowledge learning for class VII students of SMP Negeri 2 Rantau Utara. This type of research is qualitative. Qualitative field research aims to examine the extent of the role of PPKn teachers in the implementation of moral knowledge leanring in class VII of SMPNegeri 2 Rantau Utara. This research was carried out try direct observation. The location of this researeh is on Jalan Ir. H. Juanda, Binaraga Rantau Prapat, Rantau Utara sub district, Labuhan Batu district, Sumatra. This research is planned to take place from November to 10 January 2025. The instruments in this study used were initial observation, interviews and documentation. In this study, the data used is divided into two, namely the main data source (primary) consisting of 13 respondents consisting of homeroom teachers, PPKn teachers, students and informants 2 consisting of the principal and vice principal, as well as additional data sources (secondary)froom book or joumal. The application of moral knowledge learning in class VII has been implemented by PPKn teachers well. Based on the results of interviews with the prircipal, vice principal, and homeroom teaclrers. the results of the application of moral knowledge learning can be seen in students' moral behavior and influence students moral behavior. Keywords: Education, Morals, Role of Teachers

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Moral, Peran Guru===================Education, Morals, Role of Teachers
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2025 04:46
Last Modified: 17 Jun 2025 07:05
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item