HUSIN, NPM 2101100076 (2025) PENGARUH VARIASI PRODUK, GAYA HIDUP, PROMOSI DISKON, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA TOKO TRENDZ SHOES & BAG RANTAUPRAPAT. Tugas_Akhir(Artikel) YUME : Journal of Management, 8 (1). pp. 199-208. ISSN 2614-851X (e-ISSN)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (868kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana berbagai faktor seperti variasi produk, pilihan gaya hidup, promosi diskon, dan digital marketing memengaruhi keputusan pembelian pelanggan pada Toko Trendz Shoes & Bag Rantauprapat. Populasi sampel untuk penelitian ini terdiri dari semua pelanggan Toko Trendz Shoes & Bag Rantauprapat. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non-probability sampling, khususnya purposive sampling, dengan total ukuran sampel 60 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik yang meliputi observasi, kuesioner, dan pengujian sistem. Pendekatan analisis yang digunakan adalah kuantitatif yang memanfaatkan perangkat lunak SPSS. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa variasi produk tidak memengaruhi keputusan pembelian secara individuk akan tetati dapat memengaruhi secara kolektif. Sementara gaya hidup tidak memengaruhi keputusan pembelian dengan sendirinya, gaya hidup memang berpengaruh jika dipertimbangkan bersama dengan faktor-faktor lain. Demikian pula, promosi diskon tidak memengaruhi keputusan pembelian secara independen, tetapi berkontribusi secara kolektif terhadap keputusan pembelian pelanggan. Di sisi lain, digital marketing memengaruhi keputusan pembelian pelanggan baik secara individu maupun kolektif pada Toko Trendz Shoes & Bag Rantauprapat. Koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,734 atau 73,4%, maka ini menunjukkan bahwa 73,4% keputusan pembelian pelanggan didefinisikan dengan variabel variasi produk, gaya hidup, promosi diskon, dan digital marketing, dan sisanya 26,6% dipengaruhi oleh elemen lainnya yang belum dibahas pada penelitian ini. Kata Kunci : Variasi Produk, Gaya Hidup, Promosi dan Keputusan Pembelian ==================================================================================================== This study aims to investigate how various factors such as product variety, lifestyle choices, discount promotions, and digital marketing influence customer purchasing decisions at Trendz Shoes & Bag Rantauprapat Store. The sample population for this study consisted of all customers of Trendz Shoes & Bag Rantauprapat Store. The method used for sampling was non probability sampling, specifically purposive sampling, with a total sample size of 60 people. Data were collected using techniques including observation, questionnaires, and system testing. The analysis approach used was quantitative utilizing SPSS software. The findings of this study revealed that product variety does not influence purchasing decisions individually but can influence them collectively. While lifestyle does not influence purchasing decisions by itself, it does influence them when considered together with other factors. Likewise, discount promotions do not influence purchasing decisions independently, but contribute collectively to customer purchasing decisions. On the other hand, digital marketing influences customer purchasing decisions both individually and collectively at Trendz Shoes & Bag Rantauprapat Store. The coefficient of determination obtained was 0.734 or 73.4%. This shows that 73.4% of customer purchasing decisions can be explained by the variables of product variation, lifestyle, discount promotions, and digital marketing, while the remaining 26.6% are influenced by other factors not discussed in this study. Keywords : Product Variety, Lifestyle, Promotion and Purchasing Decisions
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi Produk, Gaya Hidup, Promosi dan Keputusan Pembelian=================Product Variety, Lifestyle, Promotion and Purchasing Decisions |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:14 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:14 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |