IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN METODE APRIORI DAN APLIKASI RAPID MINER UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN (STUDI KASUS : TOKO 5 PUTRI PASAR GLUGUR)

RATNA PRATIWI, NPM 2109100065 (2025) IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN METODE APRIORI DAN APLIKASI RAPID MINER UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN (STUDI KASUS : TOKO 5 PUTRI PASAR GLUGUR). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (555kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola pembelian para konsumen di Toko 5 Putri Pasar Glugur dengan menggunakan teknik pengolahan data yang dikenal sebagai data mining, khususnya metode Apriori dan dioperasikan lewat aplikasi Rapidminer. Data yang dianalisis adalah informasi transaksi penjualan yang dicatat secara manual, yang mencakup rincian seperti tanggal pembelian, nama produk, frekuensi pembelian, dan harga. Data tersebut kemudian dikonversi kedalam format biner agar lebih mudah dalam analisis asosiasi. Hasil dari penerapan metode Apriori memperlihatkan adanya kombinasi produk tertentu yang cenderung dibeli bersamaan, yang bisa digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dalam strategi penjualan, seperti pembuatan paket promosi atau penataan produk. Diharapkan temuan ini dapat membantu pemilik toko memahami perilaku konsumen dan meningkatkan efisiensi penjualan dengan menggunakan pendekaran berbasis data. Kata Kunci : Data Mining, Metode Apriori, Rapidminer, Pola Pembelian, Toko 5 Putri ==================================================================================================== The purpose of this study is to identify consumer purchasing patterns at 5 Putri Shop Glugur Market using data processing techniques known as data mining, especially the Apriori method and operated through the Rapidminer application. The data analyzed is manually recorded sales transaction information, which includes details such as purchase frequency, and price. The date is then converted into binary format to make it easier to analyze association. Application of the Apriori method show that there are certain product combinations that tend to be purchased together, which can be used as a basis for decision making in sales strategies, such as creating promotional packages or product arrangements. It is hoped that these findings can help shop owners understand consumer behavior and improve sales efficiency by using a data based approach. Keywords : Data Mining, Apriori Method, Rapidminer, Purchasing Patterns, 5 Putri Market

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Metode Apriori, Rapidminer, Pola Pembelian, Toko 5 Putri====================Data Mining, Apriori Method, Rapidminer, Purchasing Patterns, 5 Putri Market
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:31
Last Modified: 11 Jul 2025 08:31
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item