Sisca Afsari, NPM 1905100008 (2023) PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Basicedu : Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (1). pp. 535-543. ISSN 2580-3735 (Media Cetak) / 2580-1147 (Media Online)
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN DAN LAMPIRAN LAINNYA.pdf Download (3MB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA.pdf Download (312kB) |
|
Text
ARTIKEL ILMIAH SISCA AFSARI.pdf Download (421kB) |
Abstract
Mathematics is a very important subject. In realizing optimal mathematics learning outcomes, the role of teachers and schools is essential. The purpose of this study is to determine the effect of classroom management and learning facilities on the mathematics learning outcomes of Mts Al-Washliyah Aek Nabara. This research is a type of quantitative descriptive research using data analysis techniques multiple linear regression. The research was conducted at Mts Al-Washliyah Aek Nabara, Kab. Labuhanbatu, North Sumatra in the odd semester of 2022/2023. All 69 students of Mts Al-Washliyah Aek Nabara made up the population in this study and a sample of 30 people. The results showed that: 1) Class management had a positive and significant effect of 33.1% on students' mathematics learning outcomes at Mts Al-Washliyah Aek Nabara. 2) Learning facilities have a positive and significant effect of 24.4% on the mathematics learning outcomes of Mts Al-Washliyah Aek Nabara students. 3) Class management and learning facilities both have a positive contribution to the mathematics learning outcomes of Mts Al-Washliyah Aek Nabara students, the magnitude of the influence is 42.4% and other factors not examined by researchers influence the remaining 57.6%. The results of this study have implications for teachers and schools as a reference to improve optimal student learning outcomes. Keywords: Classroom Management, Learning Facilities, Mathematics Learning Outcomes. ========================================== Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting. Dalam mewujudkan hasil belajar matematika yang optimal, peran guru dan sekolah sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa Mts Al-Washliyah Aek Nabara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Penelitian dilakukan di Mts Al-Washliyah Aek Nabara, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara pada semester ganjil tahun 2022/2023. Seluruh siswa Mts Al-Washliyah Aek Nabara yang berjumlah 69 orang merupakan populasi dalam penelitian ini dan sampel sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kelas berpengaruh positif dan signifikan sebesar 33,1% terhadap hasil belajar matematika siswa Mts Al-Washliyah Aek Nabara. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan sebesar 24,4% terhadap hasil belajar matematika siswa Mts Al-Washliyah Aek Nabara. 3) Manajemen kelas dan fasilitas belajar sama sama memiliki kontribusi secara positif terhadap hasil belajar matematika siswa Mts Al-Washliyah Aek Nabara, besar pengaruhnya yaitu 42,4% dan 57,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil penelitian ini memberi implikasi untuk guru dan sekolah sebagai acuan guna meningkatkan hasil belajar siswa yang optimal. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Management, Learning Facilities, Mathematics Learning Outcomes. ========================= Manajemen Kelas, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:25 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/159 |
Actions (login required)
View Item |