Olivia Dwi Chanda, NPM 1905100021 (2023) PENINGKATAN MINAT & HASIL BELAJAR DENGAN MODEL ETH MELALUI ICE BREAKING SENAM OTAK MATERI STATISTIKA. Tugas_ Akhir (Artikel) AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12 (2). pp. 2539-2546. ISSN 2442-5419 (Online) / 2089-8703 (Print)
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN OLIVE_20230725_0001.pdf Download (3MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN OLIVE_20230725_0001.pdf Download (165kB) |
|
Text
ARTIKEL OLIVIA DWI CHANDRA.pdf Download (758kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan minat dan keberhasilan belajar matematika siswa dengan model pembelajaran ETH (Everyone is a Teacher Here) melalui ice breaking senam otak. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Quasi Eksperimen (one group pretest-posttest design). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA 2 SMAN 2 bilah hulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan model ETH melalui ice breaking senam otak. Hal tersebut dilihat dari nilai angket minat belajar memiliki nilai rata-rata 69,7647 dalam kategori tinggi dan nilai rata-rata hasil belajar pretest-posttest (67,09 menjadi 71,79). . Maka adanya peningkatan nilai dari pretest ke protest. Juga adanya uji hipotesis minat dan hasil belajar yang signifikan yaitu 0,000 < 0,005. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan memakai model ETH melalui ice breaking senam otak pada materi statistika. Kata kunci: ETH, hasil belajar, ice breaking, minat, senam otak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ETH, Hasil Belajar, Ice Breaking, Minat, Senam Otak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:19 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:24 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
View Item |