GUNAWAN WILLY, NPM 2102100213 (2025) ANALISIS HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN BAN VULKANISIR PERSPEKTIF UNDANG UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI PT. PATEN JAYA VULKANISIR). Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.
|
Text
COVER FULL.pdf Download (601kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (398kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (723kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Perlindungan konsumen merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan ekonomi, terutama dalam industri yang berkaitan dengan produk dan jasa yang langsung digunakan oleh masyarakat. Di Indonesia, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjadi landasan hukum untuk melindungi hak-hak konsumen, termasuk dalam penggunaan produk ban, baik yang baru maupun yang sudah diproses ulang, seperti ban vulkanisir. Hukum perlindungan konsumen bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen di Indonesia. Menurut Ketentuan Umum Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pengertian Perlindungan konsumen adalah Segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Jenis penelitian hukum yang penulis gunakan adalah penelitian yuridis empiris, yaitu penelitian hukum yang mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi social yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Yuridis empiris dilakukan dengan menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke obyeknya. Berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan analisis terhadap proses jual beli serta penanganan keluhan konsumen di PT. Paten Jaya Vulkanisir, dapat disimpulkan beberapa hal yaitu PT. Paten Jaya Vulkanisir berupaya untuk menerapkan prinsip-prinsip perlindungan konsumen secara komprehensif, yang meliputi Keamanan dan Kualitas Produk, Transparansi Informasi, Tanggung Jawab atas Produk, Layanan Pengaduan Konsumen, Kepedulian terhadap Lingkungan, PT. Paten Jaya Vulkanisir memiliki prosedur penanganan klaim atau keluhan konsumen yang baik, cepat, dan memuaskan. Konsumen merasa terbantu dengan tanggapan yang responsif dan solusi yang diberikan. Adanya dokumentasi garansi juga menunjukkan komitmen perusahaan terhadap kualitas produk dan pelayanan purna jual, dan PT. Paten Jaya Vulkanisir memiliki komitmen yang kuat terhadap kualitas dan keselamatan produk ban vulkanisir. Proses produksi dilakukan sesuai dengan regulasi nasional (SNI), dilengkapi sertifikasi resmi, serta didukung oleh sistem layanan purna jual. Dengan pendekatan yang profesional, perusahaan menunjukkan keseriusan dalam menjamin mutu produk yang legal dan layak pakai. Kata Kunci : Analisis Hukum, Konsumen, Perlindungan Hukum
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis Hukum, Konsumen, Perlindungan Hukum |
| Subjects: | K Law > K Law (General) |
| Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum |
| Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:22 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:22 |
| URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
