Dhea Juwita Ananda Supa, NPM 1905100004 (2023) EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KURANGNYA PENINGKATAN KONSENTRASI MINAT BELAJAR SISWA. Tugas_ Akhir (Artikel) : Prisma Universitas Karya Kencana, 11 (1). pp. 1-9. ISSN 2614-4611 (e-ISSN) / 2089 3604 (p-ISSN)
Text
Cover, Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (151kB) |
|
Text
Artikel.pdf Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang analisis konsentrasi belajar matematika yang terjadi pada berbagai jenjang pendidikan bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya efektivitas manajemen kelas terhadap kurangnya peningkatan konsentrasi minat belajar matematika pada siswa SMA NEGERI 2 BILAH HULU terkhususnya di Kelas X IPS1. Manajemen kelas terdiri dari tiga tahapan meliputi preventif, active learning dan korektif. Manajemen kelas diterapkan pada 20 orang siswa yang berada dalam satu kelas yang dipilih dengan teknik deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian dilakukan dengan Penyajian data yaitu kegiatan ketika sekumpulan informasi disusun, sehingga memberi kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Penarikan kesimpulan bahwa Faktor berkonsentrasi terhadap minat pembelajaran matematika memberikan kontribusi paling tinggi terhadap kemampuan matematis siswa, ini diakibatkan karena pembelajaran yang dilakukan peneliti menuntut siswa untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari dan mampu mengkoneksikannya dengan materi yang sedang dipelajari. Kata Kunci: Manajemen Kelas; Konsentrasi Matematika; Minat Belajar ====================================================== This study contains an analysis of the concentration of learning mathematics that occurs at various levels of education with the aim of knowing how important the effectiveness of classroom management is to the lack of increased concentration of interest in learning mathematics in SMA NEGERI 2 BILAH HULU students, especially in Class X IPS1. Classroom management consists of three stages including preventive, active learning and corrective. Class management is applied to 20 students who are in one class selected by descriptive technique using a qualitative approach. The research design is carried out by presenting data, namely activities when a set of information is compiled, thus giving the possibility of drawing conclusions and taking action. Drawing the conclusion that the factor concentrating on interest in learning mathematics makes the highest contribution to students' mathematical abilities, this is because the learning carried out by researchers requires students to recall the material that has been studied and is able to connect it with the material being studied. Keywords: Classroom management; Mathematics concentration; Learning Interest
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas; Konsentrasi Matematika; Minat Belajar ====================== Classroom management; Mathematics concentration; Learning Interest |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:50 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/264 |
Actions (login required)
View Item |