PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA DI SEKOLAH SMA NEGERI 2 BILAH HULU

Tiara Wulandari, NPM 1905100018 (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA DI SEKOLAH SMA NEGERI 2 BILAH HULU. Tugas_ Akhir (Artikel) : Prisma Universitas Karya Kencana, 12 (1). pp. 20-30. ISSN 2614-4611 (e-ISSN) / 2089-3604 (p-ISSN)

[img] Text
Cover, Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (250kB)

Abstract

Kemampuan belajar matematika siswa memerlukan peningkatan dari sekolah sebagai lembaga pendidikan. Selain itu, ini penting untuk secara maksimal mengintegrasikan pendidikan karakter yakni minat belajar dalam pembelajaran matematika. Salah satu upayanya adalah mengimplementasikan komik matematika sebagai bahan ajar melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan bahan ajar komik matematika dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi baris aritmatika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasinya adalah XI IPA SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar komik matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada awalnya, hasil belajar keduanya termasuk dalam kategori baik, dan setelah diberi perlakuan terjadi peningkatan dalam kategori sangat baik. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis komik demi mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Kata Kunci: hasil belajar; minat belajar; pembelajaran berbasis komik ========================================================== Students' ability to learn mathematics requires an increase from the school as an educational institution. In addition, it is important to maximally integrate character education, namely learning interest in learning mathematics. One effort is to implement math comics as teaching materials through contextual learning. This study aims to analyze the effectiveness of math comic teaching materials in improving students' mathematics learning outcomes on arithmetic line material. This research is a quasi-experimental study involving a non-equivalent control group design. The population is XI IPA SMA Negeri 2 Bilah Hulu. The results showed that the use of math comic teaching materials was effective in improving students' mathematics learning outcomes. Initially, the learning outcomes of both were included in the good category, and after being given treatment there was an increase in the very good category. The implication of this research is that it can be used by teachers as a reference in optimizing comic-based learning in order to get the desired learning outcomes. Keywords: comic-based learning; interest in learning; learning outcomes

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Minat Belajar; Pembelajaran Berbasis Komik ================================== Comic-Based Learning; Interest In Learning; Learning Outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:32
Last Modified: 07 Sep 2023 07:32
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item