Erika Putri Hasibuan, NPM 1906100044 (2023) MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM MELALUI TATA TERTIB SEKOLAH (STUDI KELAS Xl SMAS RANTAUPRAPAT). Tugas_ Akhir (Artikel) : Research and Development Journal Of Education, 9 (1). pp. 365-370. ISSN 2657-1056 (e–ISSN ) / 2406-9744 (p–ISSN)
Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LOA - Erika.pdf Download (42kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (158kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian guna menjelaskan dalam menumbuhkan kesadaran hukum melalui tata tertib sekolah pada siswa kelas XI SMAS Rantauprapat. Penelitian memakai method deskriptif kualitatif dan teknik penggumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara. Menggunakan data primer yaitu guru dan Siswa kelas XI yang terdiri dari 24 siswa sebagai responden. Menggunakan data sekunder berupa jurnal, buku, dan bahan relevan dengan penelitian. Hasil Penelitian didapatkan kesadaran hukum siswa terhadap tata tertib sekolah masih kurang maksimal dikarenakan masih adanya siswa kurang peduli dengan peraturan SK NO.19/KEP/III.4.AU/A/2012 tentang peraturan. Sedangkan kendala dalam kesadaran tata tertib disekolah, siswa masih pada masa fase puberitas sehingga hal-hal yang dianggap melanggar dianggap biasa saja. Untuk itu peran pihak sekolah harus lebih maksimal dalam memberika pemahaman kesadaran hukum, dengan cara memberikan pelajaran muatan kesadaran hukum dan sosialisasi pentingnya memberikan kesadaran hukum dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Keywords: Sekolah; Kesadaran Hukum; Tata Tertib; Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah; Kesadaran Hukum; Tata Tertib; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 09:37 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 09:37 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/367 |
Actions (login required)
View Item |