PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MENAATI TATA TERTIB DI SEKOLAH SMK RAUDLATUL ULUUM

Trisna Winanti Eka Syahputri, NPM 1906100025 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MENAATI TATA TERTIB DI SEKOLAH SMK RAUDLATUL ULUUM. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik menaati tata tertib di sekolah SMK Raudlatul Uluum (2) mendeskripsikan faktor yang menghambat dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik menaati tata tertib di SMK Raudlatul Uluum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di sekolah SMK Raudlatul Uluum Aek Nabara. Subjek penelitian terdiri dari 26 orang diantaranya 1 sebagai Informan kunci yaitu kepala sekolah dan 25 responden yaitu guru yang berperan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik menaati tata tertib disekolah SMK Raudlatul Uluum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perihal meningkatkan kedisiplinan para guru sudah menerapkan pembiasaan dan keteladanan serta pemberian motivasi, nasihat dan teguran serta sanksi yang diberikan oleh guru. Tetapi tidak semua guru langsung memberikan teguran dan sanksi apabila peserta didik melakukan pelanggaran. Faktor yang menghambat kedisiplinan peserta didik terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Guru menerapkan Pembiasaan yang diterapkan kepada peserta didik dan dibarengi dengan keteladanan dari para guru. Para guru juga memberikan motivasi, nasihat, teguran dan sanksi bagi peserta didik yang melanggar aturan. Penerapan disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan dan disiplin sikap masih belum efektif karena tidak semua guru menegur dan memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar, masih ada guru yang memberikan toleransi kepada peserta didik, sehingga peserta didik bersikap tidak disiplin dan sepele. Faktor internal, motivasi yang kurang, kesadaran untuk berubah kurang dan rasa malas yang berlebihan pada diri peserta didik merupakan sebuah penghambat paling besar bagi individu dalam memahami dan mematuhi peraturan atau bersikap disiplin. Faktor eksternal, teman sebaya dan lingkungan keluarga mempunyai pengaruh yang besar terhadap perubahan dan pola perilaku setiap peserta didik. Kata Kunci : Peran Guru, Kedisiplinan, Faktor Penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kedisiplinan, Faktor Penghambat.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2024 09:28
Last Modified: 05 Feb 2024 09:28
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item