PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BIOTEKNOLOGI MODERN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PANAI HULU

Kartika Yana, NPM 1904300044 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BIOTEKNOLOGI MODERN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PANAI HULU. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (301kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panai Hulu, beberapa guru merasa belum dapat menyampaikan materi dengan maksimal karena terkendala minimnya pengetahuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Sehingga ketertarikan siswa dalam menerima materi tidak maksimal. Hal tersebut mengakibatkan nilai siswa masih ada yang di bawah KKM. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkanmedia pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk mata pelajaran bioloigi. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Adapun populasi penelitian adalah kelas XII IPA sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 dan 2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dkembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran biologi pada materi bioteknolgi modern. Hal ini dilihat dari hasil validasi materi dan hasil validasi media dengan kesimpulan layak, serta keefektifan dengan hasil belajar siswa yang meningkat secara signifikan dari hasil pretest yang hanya mencapai 75%, setelah menerapkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif hasil posttest meningkat menjadi 94%. Dalam proses pembelajaran, suatu media sangat dibutuhkan guru dalam penyampaian materi. Proses penyampaian materi yang menarik dan tidak membosankan tentu akan membuat siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar pun akan maksimal. Saran yang dapat diberikan yaitu, bagi seorang guru, khususnya guru, hendaknya mengembangkan ilmunya dalam bidang pengembangan media, khususnya yang berbasis multimedia interaktif. Sehingga penyampaian materi dapat terlaksana secara baik dan maksimal. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia Interkatif, Biologi, Bioteknologi Modern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia Interkatif, Biologi, Bioteknologi Modern
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:33
Last Modified: 01 Apr 2024 04:33
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item