Windi Listiana, NPM 2005100027 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Tugas_ Akhir (Artikel) Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1). pp. 25-35. ISSN 2579-3977 (e-ISSN) / 2442-3041 (p-ISSN)
Text
COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (26kB) |
|
Text
LOA.pdf Download (196kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemahaman konsep adalah hal yang fundamental dalam pembelajaran matematika. Data yang dikumpulkan di SMP N 1 Bilah Hilir memperlihatkan bahwa kebanyakan. siswa tidak memahami konsep pada soal cerita matematika. Diperlukan pembelajaran yang berpengaruh untuk mendukung pemahaman konsep siswa, yaitu melalui model pembelajaran problem-solving. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-solving terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-4 di SMP N 1 Bilah Hilir yang berjumlah 29 siswa. Bentuk tes uraian diterapkan pada penelitian ini sebagai instrumen penelitian untuk menguji kemampuan siswa mengenai pemahaman konsep . Teknik analisis data dibantu menggunakan SPSS versi 29 dengan teknik Uji-T yaitu Paired Sample T-Test. Hasil dari proses analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran problem-solving terhadap pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel. Kata Kunci: Pembelajaran Problem-Solving, Pemahaman Konsep, Soal Cerita Matematika ============================================================================================== Understanding concepts is fundamental in learning mathematics. Data collected at SMP N 1 Bilah Hilir shows that most. students do not understand the concept of mathematics story problems. Influential learning is needed to support students' understanding of concepts, namely through the problem-solving learning model. The aim of this research is to determine the effect of the problem-solving learning model on students' ability to understand concepts in solving mathematics story problems on two-variable linear equation systems. This research is a quasi-experimental type with The One Group Pretest-Posttest Design. The subjects of this research were 29 students in class VIII-4 at SMP N 1 Bilah Hilir. The description test form was applied in this research as a research instrument to test students' abilities regarding understanding concepts. The data analysis technique was assisted using SPSS version 29 with the T-Test technique, namely Paired Sample T-Test. The results of the data analysis process prove that there is a significant influence with the application of the problem-solving learning model on students' conceptual understanding in solving mathematics story problems on two-variable linear equation systems. Keywords: Problem-Solving Learning, Understanding Concept, Math Story Problems
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Problem-Solving, Pemahaman Konsep, Soal Cerita Matematika ===================== Problem-Solving Learning, Understanding Concept, Math Story Problems |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 07 May 2024 09:53 |
Last Modified: | 07 May 2024 09:53 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/649 |
Actions (login required)
View Item |