PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

ZAHRA SEPTI DAMAYANTI, NPM 2005100031 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest kontrol group desain dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh sisiwa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan tahun ajaran 2023/2024 sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara teknik simple random sampling, adapun yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIII1 dan VIII8 SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang terdiri dari 64 siswa. Untuk mendapatkan data digunakan teknik observasi, dan pemberian soal tes berupa pretest dan posttest masing-masing berjumlah 5 butir soal. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. sebelum menguji dengan test-t terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh menggunakan statistik uji-t sampel berpasangan diperoleh |thitung| > |ttabel| yaitu 22,654 > 2,039. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunakan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran PjBL, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Materi SPLDV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PjBL, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Materi SPLDV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 17 May 2024 09:41
Last Modified: 17 May 2024 09:41
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item