Ariska Septieny Fauzy, NPM 2005100002 (2024) PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HOLLYWOOD SQUARES REVIEW PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NA. IX-X. Tugas_ Akhir (Artikel) Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1). pp. 71-82. ISSN 2579-3977 (e-ISSN) / 2442-3041(p-ISSN)
Text
COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (25kB) |
|
Text
LOA.pdf Download (195kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (611kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review di kelas VIII SMP Negeri 2 Na. IX-X. Desain eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest digunakan pada penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimental dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol, yang diambil secara random setelah dilaksanakan uji homogenitas dan normalitas. Dalam proses pembelajaran, kelas kontrol maupun kelas eksperimen mengaplikasikan pendekatan saintifik berdasarkan kurikulum 2013, strategi pembelajaran Hollywood Squares Review diterapkan pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 ditemukan dalam hasil tes analisis data, yang menunjukkan bahwa menggunakan teknik pembelajaran Hollywood Squares Review dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Matematika, Hollywood Squares Review. =========================================================================== This research aims to improve students' mathematics learning achievement by using active learning strategies of the Hollywood squares review type in class VIII of SMP Negeri 2 Na. IX-X. An experimental design with a pretest-posttest approach was used in this research. The research sample consisted of class VIII-1 students as the experimental class and class VIII-2 students as the control class, who were taken randomly after carrying out homogeneity and normality tests. In the learning process, both the control class and the experimental class applied a scientific approach based on the 2013 curriculum, the Hollywood Squares Review learning strategy was applied to the experimental class, while the control class was not given any treatment. Data analysis was carried out using the t test. A significance value of 0.000 < 0.05 was found in the results of the data analysis test, which shows that using the Hollywood Squares Review learning technique can improve learning achievement. Keywords: Classroom Management, Mathematics Learning, Hollywood Squares Review
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Matematika, Hollywood Squares Review ================================ Classroom Management, Mathematics Learning, Hollywood Squares Review |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 17 May 2024 09:40 |
Last Modified: | 17 May 2024 09:40 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/657 |
Actions (login required)
View Item |