Siti Kholijah Sinaga, NPM 2004100019 (2024) PERWUJUDAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA TINGKAT SMP. Tugas_Akhir (Artikel) Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18 (4). pp. 2574-2585. ISSN 2621-0681 (e-ISSN)/ 1907-4174 (p-ISSN)
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LOA.pdf Download (148kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (270kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (244kB) |
Abstract
Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan dilakukan metode eksperimen menganalisis penggunanaan metode eksperimen dalam mewujudkan karakter dengan profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kualuh Hulu pada bulan September 2023 - Januari 2024. Sampel dalam penelitian melibatkan guru kelas VII-1. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan teori Milles dan Huberman. Hasil pembahasan menunjukkan sintaks profil pelajar pancasila seperti beriman dan bertaqwa Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Aktivitas seperti guru menanti di gerbang sekolah dan siswa memberi salam akan tetapi hanya peserta didik laki-laki saja, Kegiatan ini untuk mengembangkan dimensi karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, kepada alam dan sesama manusia. Saling menghargai dalam berdiskusi dan meningkatkan kesadaran budaya anak-anak, menunjukkan rasa hormat terhadap budaya mereka sendiri dan toleransi terhadap keanekaragaman lingkungan. 6K untuk menjaga kebersihan sebagai kegiatan atau tindakan yang diakukan dengan bersama-sama. Praktikum mandiri mengerjakan dengan sesuai dengan pembagian kelompok. Literasi sebelum pembelajaran 10-15 menit menganalisis dan mengevaluasi penalaran serta merefleksi dan mengevaluasi informasi dan gagasan. Tim secara bekerjasama dan kreatif memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa. Dengan melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat efektif dalam mewujudkan tujuan Profil Pelajar Pancasila, serta mendorong rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Profil Pelajar Pancasila. ==================================================================================================== The Pancasila Student Profile is the embodiment of Indonesian students as lifelong learners who have global competence and behave in accordance with Pancasila values. By carrying out the experimental method, we analyze the use of experimental methods in realizing characters with a Pancasila student profile. The research method used was a descriptive method with a quantitative approach which was carried out at SMP Negeri 4 Kualuh Hulu in September 2023 - January 2024. The sample in the research involved class VII-1 teachers. Data was collected through interviews and observations. The sampling technique was carried out using purposive sampling. Data analysis uses Milles and Huberman theory. The results of the discussion show the syntax of the Pancasila student profile such as having faith and devotion to God Almighty, and having noble character, global diversity, mutual cooperation, independence, critical reasoning and creativity. Activities such as teachers waiting at the school gate and students greeting, but only male students. This activity is to develop the character dimension of faith, devotion to God Almighty and noble character, towards nature and fellow human beings. Mutual respect in discussing and raising children's cultural awareness, showing respect for their own culture and tolerance for environmental diversity. 6K to maintain cleanliness as an activity or action carried out together. Independent practicum work according to group division. Literacy before learning 10-15 minutes analyzing and evaluating reasoning and reflecting and evaluating information and ideas. The team works together and creatively to make a positive contribution to the formation of student character. Using experimental methods in science learning can be effective in realizing the goals of the Pancasila Student Profile, as well as encouraging students' curiosity about the material presented. Keywords : Experimental Method, Science Learning, Pancasila Student Profile
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Profil Pelajar Pancasila. ============================== Experimental Method, Science Learning, Pancasila Student Profile |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:14 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:20 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/880 |
Actions (login required)
View Item |