Khofifah Indriyani Siregar, NPM 2005100036 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN. Tugas_Akhir (Artikel) Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3 (2). pp. 354-359. ISSN 2961-9386 (e-ISSN)/ 2963-1742 (p-ISSN)
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (397kB) |
|
Text
LOA.pdf Download (150kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (294kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pendekatan Problem Based Learning dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa jenjang sekolah menengah Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui eksperimen quasi eksperimental. Partisipan penelitian terdiri dari 65 individu yang menjadi sampel dari kelas VII SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN pada tahun akademik 2023-2024. Terdiri dari empati kelas: dua kelas VII A, B dan dua kelas VII C, kemudian ada wawancara dengan peserta dari kelas VII A dan VII B, siswa dibagi ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan PBL dan kelompok control yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes matematika yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk mengukur perbedaan skor pretest dan post test antara dua kelompok. Kata Kunci : Kecerdasan Intra Personal, Partisipasi AKtif Siswa. ============================================================================================= This study aims to investigate the effectiveness of the Problem Based Learning approach in overcoming mathematics learning difficulties in high school students The approach in this study uses a quantitative method through quasi-experimental experiments. The research participants consisted of 65 individuals who were samples from class VII SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN in the 2023-2024 academic year. It consists of four classes VII A and VII B, students were divided into two groups: an experimental group that used the PBL approach and a control group that used conventional learning methods. Data were collected through math tests given before and after treatment. Data analysis was carried out using a t-test to measure the difference in pretest and post test scores between the two groups. Keywords : Active Student Participants, Intra Personal Intellegence.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Intra Personal, Partisipasi AKtif Siswa. ================================ Active Student Participants, Intra Personal Intellegence. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:07 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |