PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN DI KELAS XI MIPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SEKOLAH AL-ITTIHAD

INTAN PRATIWI, NPM 2004100016 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN DI KELAS XI MIPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SEKOLAH AL-ITTIHAD. Tugas_Akhir (Artikel) Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18 (4). pp. 2983-2993. ISSN 2621-0681 (e-ISSN)/ 1907-4174 (p-ISSN)

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (279kB)

Abstract

Kemampuan seorang siswa dalam memecahkan masalah pencernaan manusia amat sangat rendah karena dalam menyelesaikan masalah biologi, dikarenakan dalam proses pembelajaran tidak membiasakan siswa untuk berpikir dengan lebih kreatif. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran dikelas guru masih menerapkan metode konvensional, dan membuat peserta didik yang ada di kelas belum mencapai nilai di atas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk melihat model pembelajaran media video sebagai suatu rangkaian pembelajaran dalam penyelesaian dan pemecahan masalah secara sistematis berdasarkan kreativitas yang dimiliki siswa untuk menghasilkan solusi yang efektif. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode quasi eksperimen menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA sekolah al-ittihad tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu satu kelas XI IPA-3 sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan satu kelas XI IPA-2 sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk tes kemampuan pemecahan masalah pencernaan manusia dalam bentuk tes tertulis, tes hasil dan lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Nilai thitung = 4.925 > ttabel = 1.666, Dengan Demikian Ho Ditolak, yang berarti bahwa terdapat pengaruh pembelajaran media video terhadap kemampuan pemecahan masalah biologi siswa kelas XI MIPA sekolah al-ittihad. Kata Kunci : Media Video, Hasil Pembelajaran dan Pencernaan Manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Video, Hasil Pembelajaran dan Pencernaan Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:55
Last Modified: 15 Aug 2024 08:55
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item