ANALISIS PELAYANAN PENERBITAN AKTA KELAHIRAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

NOVITA SARI HARAHAP, NPM 2101100078 (2025) ANALISIS PELAYANAN PENERBITAN AKTA KELAHIRAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN. Tugas_Akhir(Artikel) YUME : Journal of Management, 8 (2). pp. 1169-1179. ISSN 2614-851X (e-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (334kB)

Abstract

Studi ini dilakukan untuk meneliti dan menjelaskan kualitas pelayanan dalam proses pembuatan akta kelahiran terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode yang diterapkan dalam kajian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan informasi dalam studi ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan pada masyarakat Labuhanbatu Selatan yang sudah menggunakan jasa layanan penerbitan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sampel yang diambil terdiri dari 100 responden. Proses analisis data yang diterapkan mencakup pengumpulan data,penyaringan data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dieroeh hasil yang menunjukkan bahwa mutu layanan penerbitan akta kelahiran terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan masih kurang memuaskan dan belum memenuhi harapan, Hal tersebut dapat di lihat dari hasil yang menunjukkan nilai negatif pada dimensil daya tanggap,empati,dan juga jaminan yang artinya dimensi tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat sedangkan dimensi bukti fisik dan keandalan bernilai positif yang artinya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti memberikan saran kepada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu selatan agar dapat meningkatkan indikator yang belum optimal dalam dimensi daya tanggap,empati dan juga jaminan, serta menjaga kualitas pelayanan pada dimensi bukti fisik dan keandalan. Kata Kunci : Akta Kelahiran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat =================================================================================================== This study was conducted to examine and explain the quality of service in the process of making birth certificates on community satisfaction at the Population and Civil Registration Office of Labuhanbatu Selatan Regency. The method applied in this study is quantitative method. The collection of information in this study was carried out through the distribution of questionnaires distributed to the people of Labuhanbatu Selatan who have used birth certificate issuance services at the Population and Civil Registration Office of Labuhanbatu Selatan Regency. The sample taken consisted of 100 respondents. The data analysis process applied includes data collection, data filtering, data presentation, and conclusion drawing. From the results of the research that has been conducted, the results show that the quality of birth certificate issuance services on community satisfaction at the Population and Civil Registration Office of South Labuhanbatu Regency is still unsatisfactory and has not met expectations, this can be seen from the results that show negative values in the dimensions of responsiveness, empathy, and also assurance, which means that these dimensions do not have a significant effect on community satisfaction while the dimensions of physical evidence and reliability are positive, which means they have a significant effect on community satisfaction. Based on the explanation above, the researcher provides advice to the Population and Civil Registration Office of Labuhanbatu Selatan Regency so that it can improve the indicators of the population and civil registry of Labuhanbatu Selatan Regency. Keywords : Birth Certificate, Service Quality, Community Satisfaction

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akta Kelahiran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat ==================Birth Certificate, Service Quality, Community Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:57
Last Modified: 18 Jun 2025 03:57
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item