STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERIPIK PISANG RANIA DI DESA PAGAR SARI KECAMATAN BILAH BARAT

WINI WINANGIN PERANGIN ANGIN, NPM 2101100174 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERIPIK PISANG RANIA DI DESA PAGAR SARI KECAMATAN BILAH BARAT. Tugas_Akhir(Artikel) YUME : Journal of Management, 8 (2). pp. 1045-1053. ISSN 2614-851X (e-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (533kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (322kB)

Abstract

UMKM Keripik Pisang Rania merupakan salah satu usaha makanan ringan yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Penelitian ini menganalisis strategi pengembangan usaha melalului analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara dengan pemilik usaha untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis. Hasil analisis menunjukkan skor IFAS (S – W) = +2,6 dan EFAS (O -T) = +1,45, menempatkan UMKM ini pada Kuadran I SWOT. Posisi ini mendukung strategi agresif, seperti ekspansi pasar, peningkatan kapasitas produksi, dan optimalisasi pemasaran digital, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, UMKM, SWOT, IFAS, EFAS ================================================================================================ Rania Banana Chips UMKM are one of the snack businesses that have great potential to grow. This study analyzes business development strategies beyond SWOT analysis using IFAS and EFAS matrices. The research method used is qualitative descriptive analysis. The data collection technique is to conduct interviews with business owners to identify internal and external factors that affect the business. The results of the analysis showed that the score of IFAS (S – W) = +2.6 and EFAS (O -T) = +1.45, placing these UMKM in Quadrant I of SWOT. This position supports aggressive strategies, such as market expansion, production capacity building, and digital marketing optimization, so as to increase competitiveness and market reach. Keywords: Development Strategy, UMKM SWOT, IFAS, EFAS

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, UMKM, SWOT, IFAS, EFAS================Development Strategy, UMKM SWOT, IFAS, EFAS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:06
Last Modified: 20 Aug 2025 03:06
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item