Eva Romaulina Sormin, NPM 1905100013 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING. Prisma Universitas Karya Kencana, 12 (1). pp. 295-304. ISSN 2614-4611 (e-ISSN) / 2089-3604 (p-ISSN)
Text
Cover, Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (151kB) |
|
Text
Artikel.pdf Download (304kB) |
Abstract
MMeskipun kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa telah ditetapkan sebagai tujuan utama mata pelajaran matematika, namun hasilnya cenderung kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Desain quasi-experimental digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 78 (31 laki-laki dan 47 perempuan) siswa kelas V sebagai sampel. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (n = 39) dan kelompok kontrol (n = 39). Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah dasar di Indonesia pada semester pertama tahun pelajaran 2019/2020. Tes Keterampilan Pemecahan Masalah (PSST) dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (CTST) diberikan untuk memperoleh data. Tes MANOVA Satu Arah dan ANOVA digunakan untuk menganalisis data pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen memiliki nilai post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa PBL efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa kelas lima. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis; Matematika Keterampilan Pemecahan Masalah; Pembelajaran Berbasis Masalah; Siswa Sekolah Dasar ==================================================== Although students' problem-solving and critical thinking skills have been established as the main objectives of mathematics, the results tend to be unsatisfactory. This study aims to improve students' mathematical critical thinking and problem solving abilities by using problem-based learning (PBL). A quasi-experimental design was used in this study involving 78 (31 boys and 47 girls) fifth grade students as a sample. Students were divided into two groups, namely the experimental group (n = 39) and the control group (n = 39). This research was conducted in an elementary school in Indonesia in the first semester of the 2019/2020 school year. Problem Solving Skills Test (PSST) and Critical Thinking Skills Test (CTST) were administered to obtain data. One way MANOVA and ANOVA tests were used to analyze the data at the 0.05 significance level. The results showed that students in the experimental group had higher post-test scores than the control group in terms of their ability to solve mathematical problems and think critically. Thus, it can be concluded that PBL is effective in improving fifth grade students' problem solving and critical thinking abilities. Keywords: critical thinking skills; elementary school students; mathematics problem solving skills; problem based learning
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Matematika Keterampilan Pemecahan Masalah; Pembelajaran Berbasis Masalah; Siswa Sekolah Dasar ===============================Critical Thinking Skills; Elementary School Students; Mathematics Problem Solving Skills; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:58 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:58 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/265 |
Actions (login required)
View Item |