PERAN PANTI ASUHAN NAMIRA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN MORAL TERHADAP ANAK ASUH DI KABUPATEN LABUHANBATU

T. Sukma Nurjannah, NPM 1906100001 (2023) PERAN PANTI ASUHAN NAMIRA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN MORAL TERHADAP ANAK ASUH DI KABUPATEN LABUHANBATU. Tugas_ Akhir (Artikel) Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17 (1). pp. 482-489. ISSN 2621-0681 (e-ISSN) / 1907-4174 (p-ISSN)

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (337kB)

Abstract

Panti asuhan merupakan suatu lembaga yang berperan untuk membentuk perkembangan anak yang tidak memiliki keluarga ataupun yang tidak tinggal dengan keluarga. Panti asuhan menjadi tempat perlindungan bagi anak-anak yang membutuhkan pengasuhan. Panti asuhan memiliki pengasuh yang bertugas menggantikan peran orang tua dalam mengasuh, menjaga dan membantu mengembangkan diri anak-anak asuh agar menjadi manusia yang memiliki perilaku yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran panti Asuhan Namira di Rantauprapat, Labuhanbatu dalam memberikan pendidikan moral terhadap anak asuh. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teknik penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengetahui bahwa peran pengasuh panti asuhan sangat penting untuk perkembangan anak asuh dimasa yang akan datang, yang dimana orang tua asuh dapat dikatakan menjadi pengganti peran orang tua kandung sang anak asuh. Peran pemberian pendidikan moral yang di berikan oleh pengasuh panti asuhan namira sudah termasuk dalam kategori yang baik, karena perilaku yang di terapkan anak-anak asuh tersebut sangat bagus. Kata Kunci : Peran panti asuhan, Pendidikan moral =================================================================================================== An orphanage is an institution whose role is to shape the development of children who do not have families or who do not live with families. Orphanages are places of refuge for children who need care. Orphanages have caregivers whose job is to replace the role of parents in caring for, looking after and helping foster children to develop themselves so that they become human beings with good behavior. The purpose of this study was to determine the role of the Namira Orphanage in Rantauprapat, Labuhanbatu in providing moral education to foster children. The method used in this research is descriptive analysis with a qualitative approach. By using observational research techniques, interviews, and documentation. The results of the study found that the role of orphanage caretakers is very important for the development of foster children in the future, where foster parents can be said to be a substitute for the role of the foster child's biological parents. The role of providing moral education given by the caregivers of the Namira orphanage is included in the good category, because the behavior applied by the foster children is very good. Keywords: The role of the orphanage, Moral education

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran Panti Asuhan, Pendidikan Moral ========================================== The Role Of The Orphanage, Moral Education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:25
Last Modified: 04 Dec 2023 07:26
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item