Dinda Ajeng Lestari, NPM 2009400095 (2024) EVALUASI KINERJA MAHASISWA DALAM PEMILIHAN JURUSAN DENGAN METODE MOORA. Tugas_Akhir (Artikel) Jurnal Ilmu Komputer dan Sains Informasi (JIKOMSI), 7 (1). pp. 78-81. ISSN 2723-6129 (e-ISSN)
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Evaluasi kinerja mahasiswa dalam pemilihan jurusan adalah langkah penting dalam memastikan bahwa mereka memilih jurusan yang sesuai minat, kemampuan, dan preferensi pribadi mereka. Metode Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) adalah alat yang efektif dalam membantu mahasiswa dan penasihat akademik dalam pengambilan keputusan yang lebih terinformasi. Metode ini melibatkan identifikasi kriteria yang relevan, normalisasi data, penentuan bobot kriteria, pembentukan matriks keputusan, perhitungan solusi ideal positif dan negatif, perhitungan jarak, dan perangkingan alternative. Dengan menggunakan MOORA, mahasiswa dapat mengevaluasi pilihan jurusan mereka berdasarkan kriteria yang beragam, memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik yang sesuai dengan tujuan pendidikan dan karir mereka. Penasihat akademik juga apat memanfaatkan metode ini untuk memberikan panduan yang lebih efektif kepada mahasiswa dalam proses pemilihan jurusan. Kata Kunci : Evaluasi Kinerja Mahasiwa, Pemilihan Jurusan, Metode MOORA, Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis, Kriteria Pemilihan Jurusan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Evaluasi Kinerja Mahasiwa, Pemilihan Jurusan, Metode MOORA, Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis, Kriteria Pemilihan Jurusan. |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Sains Dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ulb.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:35 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:35 |
URI: | http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/825 |
Actions (login required)
View Item |