PERAN GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN NILAI – NILAI EMPAT PILAR KEBANGSAAN TERHADAP SISWA ( STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA ) RANTAUPRAPAT TAHUN PELAJARAN 2024

ADE ERGIFIANTHI, NPM 2006100015 (2024) PERAN GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN NILAI – NILAI EMPAT PILAR KEBANGSAAN TERHADAP SISWA ( STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA ) RANTAUPRAPAT TAHUN PELAJARAN 2024. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PPKn dalam Menumbuhkan Nilai – Nilai Empat Pilar Kebangsaan Terhadap Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Rantau Utara) Rantauprapat Tahun Pelajaran 2024 . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rantau Utara yang beralamat di Jalan Mahoni, Rantauprapat, Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Dan penelitian ini dilaksanakan selama Mei 2024. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan responden peserta didik berjumlah 14 orang dan informan kunci adalah guru mata Pelajaran PPKn kelas XI. Dan yang kedua yaitu data sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor penghambat guru ppkn dalam menumbuhkan nilai – nilai empat pilar kebangsaan kepada siswa berupa kurangnya sumber daya pembelajaran, kurangnya minat dan pemahaman siswa serta faktor lingkungan kehidupan sehari – hari yang kurang relevansi dengan apa yang sudah diupayakan guru juga menjadi faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran disekolah. Pada indikator ini dapat dikatakan Peran guru dalam menumbuhkan nilai – nilai empat pilar kebangsaan terhadap siswa sudah sangat baik, dilihat dari upaya guru yang memberikan contoh serta membantu kesulitan yang dialami siswa saat pembelajaran tentang materi empat pilar kebangsaan. Kata Kunci : Peran Guru Ppkn, Empat Pilar Kebangsaan, Kelas XI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Ppkn, Empat Pilar Kebangsaan, Kelas XI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:42
Last Modified: 10 Sep 2024 02:42
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item