PENGARUH MODEL PEMEBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

TITIN PURNAMASARI, NPM 2005100024 (2024) PENGARUH MODEL PEMEBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Labuhanbatu.

[img] Text
COVER FULL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengethui Pengaruh Model Pmebelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif denggan menggunakan Experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs AL MUTTAQIN yang berjumlah 54 orang siswa. Dan penganmbilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari atas 2 kelas. Kelas pertama yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas control yang menggunkan model Konvensional berjumkah 27 siswa dan kelas kedua yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas Exsperimen yang menggunakan Model Pemebelajaran Problem Based Learning sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes berbentuk esai. Berdasarkan hasil perhitungan Tes dengan Model Problem Based Learning, data dianalisis menggunakan Uji Normalitas dan Homogenitas dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Untuk menguji Hipotesis menggunakan Regresi Linier Sederhana dengan hasil Dapat diketahui nilai = 3,481 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari Varibable Bebas dan Variable Terikat. Hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan signifikan untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matemtika Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kelas VIII-2 MTs AL MUTTAQIN juga memperoleh nilai mean dari tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan sebesar 44, dan nilai mean dari tes akhir (pot-test) setelah diberikan perlakuan sebesar 6

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:13
Last Modified: 10 Sep 2024 03:13
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item