PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TIME-TOKEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA

PUJA ARIANI SIREGAR, NPM 2005100029 (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TIME-TOKEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA. Tugas_Akhir (Artikel) Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2). ISSN 2442-3041 (e-ISSN)

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN .pdf

Download (98kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (505kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran time token terhadap hasil belajar matematika siswa. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksprimen dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji-t hasil penelitian dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh hasil perhitungan 0,001>0,05. Berdasarkan hipotesis, Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran time token terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Metode Pembelajaran Time Token.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Metode Pembelajaran Time Token.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@ulb.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:01
Last Modified: 23 Sep 2024 07:01
URI: http://repository.ulb.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item